Find Us On Social Media :

10 Tips Belanja Online Hemat untuk Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

By Liana Threestayanti, Senin, 25 Maret 2024 | 16:00 WIB

Simak tips-tips berikut untuk lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan dan Lebaran tanpa membuat dompet Anda jebol.

Tak bisa dihindari, momen Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri umumnya identik dengan belanja dan berburu promo, termasuk saat berbelanja online. 

Promo dan diskon tentu sangat diminati, terlebih di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, di mana pengeluaran seringkali membengkak karena bertambahnya kebutuhan. Simak tips-tips berikut untuk lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan dan Lebaran tanpa membuat dompet Anda jebol.

1. Buat daftar dan anggaran belanja

Sebelum mulai belanja online, rencanakan keperluan yang akan dibeli. Buat daftar belanja agar Anda lebih fokus saat mencari penawaran yang tepat. Ingat, sesuaikan daftar belanja dengan anggaran belanja Anda. Dan yang terpenting, patuhi daftar belanja Anda.

2. Pantau situs-situs belanja/penjual online yang tepercaya

Langkah selanjutnya adalah memantau situs-situs belanja online terpercaya dan sering memberikan promo selama bulan Ramadan, misalnya dengan berlangganan newsletter. Situs-situs ini mungkin memiliki penawaran khusus, diskon, atau kupon yang hanya tersedia selama periode tertentu, seperti di bulan Ramadan. Atur agar Anda bisa segera memperoleh notifikasi penawaran diskon dari situs-situs tersebut. 

Jangan hanya memantau situsnya, ikuti juga akun media sosial dari situs-situs belanja atau penjual online tepercaya itu agar Anda tak ketinggalan berita promo dan diskon. Selain itu, situs belanja juga tak jarang menghadiahi para followernya di medsos dengan diskon dan promo khusus, bahkan akses perdana untuk penjualan tertentu. 

3. Pertimbangkan untuk belanja bersama

Untuk memaksimalkan penghematan pengeluaran, coba belanja bersama dengan teman atau keluarga Anda. Tak jarang, situs belanja menawarkan diskon tambahan atau penawaran spesial untuk pembelian dalam jumlah besar. 

Selain memanfaatkan diskon yang lebih besar, Anda juga bisa berbagi biaya pengiriman sehingga bisa menghemat lebih banyak.

4. Bandingkan harga

Jangan langsung terpikat dengan diskon besar atau promo gila-gilaan di satu situs belanja. Selalu bandingkan harga di berbagai situs belanja untuk memastikan bahwa Anda memperoleh penawaran terbaik.