Find Us On Social Media :

Nih, Tiga Tips Mendigitalisasi Foto & Video Kenangan Lebaran

By Liana Threestayanti, Senin, 1 April 2024 | 22:02 WIB

Sambut Lebaran 2024, Western Digital membagikan 3 tips mendigitalisasi kenangan indah di momen spesial tersebut.

Menyambut Lebaran 2024, Western Digital membagikan tiga tips dalam mendigitalisasi kenangan indah di momen spesial tersebut maupun arsip antargenerasi.

Dulu momen-momen istimewa, seperti Lebaran, kerap diabadikan dalam bentuk foto dan video yang kemudian kita simpan dalam album foto, kaset atau CD. Namun arsip keluarga yang berharga itu lama kelamaan bisa punah. 

Foto dan video yang disimpan secara fisik itu hanya akan menumpuk, diselimuti debu, dan kemudian rusak. Artinya, kenangan dari generasi-generasi sebelumnya pun ikut memudar. 

Untungnya, seiring dengan teknologi yang semakin berkembang dan perangkat penyimpanan yang canggih, ada kesempatan untuk mendigitalisasikan memori berharga keluarga supaya foto dan video itu selalu aman, dapat diakses, dan bisa dibagikan hingga ke generasi mendatang. 

Bertepatan dengan Hari Backup Sedunia (World Backup Day) yang jatuh pada tanggal 31 Maret kemarin, perusahaan penyimpanan data global membagikan cara mudah mendigitalisasi foto, video dan arsip penting keluarga. Untuk mendigitalisasi memori yang berharga ini, Western Digital menerapkan prinsip “Pilah, Pilih, Pulih”. Begini tiga langkah mudahnya.

1. Pilah foto, video, dan arsip lama

Sebelum masuk ke proses digitalisasi, mulailah dengan mengumpulkan semua koleksi foto, video, dan dokumen lama yang ada di rumah. 

Kemudian, bagi semua arsip fisik tersebut menjadi beberapa kategori, misalnya dari urutan tahun, tempat, atau acara spesial (ulang tahun, liburan, dan sebagainya). 

Bubuhkan label untuk masing-masing kategori, sehingga akan mempermudah pencarian file ketika arsip ini sudah tersimpan secara elektronik. 

2. Pilih solusi penyimpanan digital yang tepercaya

Untuk mengabadikan memori berharga yang tidak bisa terulang kembali, pastikan untuk memilih solusi penyimpanan digital yang tepat. Beberapa kriteria yang perlu dipenuhi adalah: solusi penyimpanan harus berkapasitas besar agar bisa menampung file dalam jumlah banyak; memiliki durabilitas tinggi; dan praktis digunakan. 

Western Digital menawarkan SanDisk Extreme Portable SSD yang diklaim memiliki kinerja tinggi untuk membantu pengguna memindahkan data dengan cepat. SSD portabel ini juga dilengkapi proteksi jatuh hingga tiga meter serta ketahanan terhadap air dan debu IP65. Kapasitasnya yang mencapai 4TB akan memungkinkan pengguna menyimpan semua foto, video, hingga arsip penting antargenerasi.