Find Us On Social Media :

Gandeng AWS, RED AI Perkuat Dukungan untuk Startup AI di Indonesia

By Liana Threestayanti, Senin, 1 April 2024 | 21:21 WIB

RED AI Ventures menggandeng AWS untuk memberdayakan ekosistem startup AI yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

RED AI Ventures menggandeng Amazon Web Services (AWS) untuk memberdayakan ekosistem startup artificial intelligence (AI) yang sedang berkembang pesat di Indonesia. 

RED AI Ventures sendiri merupakan sebuah program akselerator untuk startup AI di Indonesia. Program ini, bertujuan mengidentifikasi dan merawat perusahaan AI tahap awal dengan teknologi properti unik. 

Dalam kerja sama ini, melalui program AWS Activate, AWS menyediakan berbagai manfaat bagi startup, seperti kredit AWS, dukungan teknis, pelatihan, dan akses ke berbagai teknologi dan layanan komputasi awan yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan bisnis startup.

"Selain dukungan strategis dan jaringan kami, kerjasama ini bertindak sebagai peluncur roket tambahan yang akan mempercepat pertumbuhan dan pengembangan startup berbasis AI di Indonesia, dengan memberikan akses yang lebih luas ke teknologi AI canggih kepada berbagai startup," jelas Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc.

Startup dalam program RED AI Ventures akan memperoleh alat/tool dan sumber daya yang memungkinkan mereka berkembang di tengah lanskap AI yang kompetitif, sambil mereka mengelola operasionalnya secara efisien efisien, meraih peluang strategis di dalam jaringan Red Asia Inc., mentoring, panduan operasional, dan pendanaan dalam bentuk teknologi dan layanan komputasi cloud AWS.

Sebelumnya, pada bulan November tahun lalu, Red Asia Inc. meluncurkan inisiatif RED AI for Indonesia untuk mendorong inovasi AI untuk pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor, termasuk pendidikan, barang konsumen cepat (FMCG), pemasaran, ritel, dan telekomunikasi. 

Inisiatif seperti RED AI ini akan berperan mempercepat kewirausahaan dan mendukung inovasi teknologi. Sementara dukungan AWS untuk inisiatif RED AI akan memberikan insentif tambahan bagi startup tahap awal untuk tumbuh dan memiliki dampak yang lebih cepat dan luas di sektor mereka masing-masing.

"AWS bangga mendukung RED AI for Indonesia untuk mendorong inovasi AI untuk pertumbuhan ekonomi di berbagai bisnis di Indonesia," kata Anthony Amni, Country Manager, Indonesia, AWS.

"Dengan kerjasama ini, kami berharap untuk memperdemokratisasi teknologi AI dan cloud, serta memberikan peluang bagi startup berbasis AI di Indonesia untuk berinovasi dan berkembang," pungkasnya.

Baca juga: Dorong Adopsi AI, RED AI Siapkan Konsultasi Hingga Dana Investasi

Baca juga: Apa saja Inovasi AWS di Bidang AI?, Ada Amazon Q hingga Bedrock