Find Us On Social Media :

Apple Bakal Integrasikan Model AI Baidu Ernie Bot ke iPhone 16

By Adam Rizal, Sabtu, 30 Maret 2024 | 13:30 WIB

Baidu Ernie 4.0

Apple sedang melakukan pembicaraan intensif dengan Baidu untuk mengintegrasikan model bahasa besarnya Ernie Bot ke dalam iPhone 16 dan produk lainnya untuk pasar China. Langkah itu dilakukan Apple untuk mematuhi peraturan China yang lebih ketat terkait konten AI. Kebijakan itu juga merupakan langkah yang terpaksa diambil oleh Apple mengingat Google tidak dapat beroperasi di China, dan Baidu telah menjadi salah satu pemain utama dalam pengembangan AI di China. 

Sebelumnya, Apple dilaporkan berdiskusi dengan perusahaan Tiongkok lainnya seperti Alibaba dan perusahaan AI yang berafiliasi dengan Universitas Tsinghua sebelum memilih Baidu. Apple akan menggunakan Ernie Bot untuk sistem operasi iOS 18 dan Mac OS di China, setelah pertimbangan dengan beberapa perusahaan lainnya. 

Meskipun Apple kemungkinan akan tetap menggunakan model AI internal atau Google Gemini di luar China, Apple harus memilih solusi lokal untuk memenuhi regulasi China. Kemitraan itu juga diumumkan setelah kunjungan CEO Apple Tim Cook ke China, di mana ia menegaskan komitmen Apple terhadap pasar dan berdiskusi dengan pemasok utama. 

Apple juga akan memperluas pusat penelitian Apple di Shanghai dan mendirikan laboratorium penelitian terapan baru di Shenzhen. Apple harus meningkatkan fokusnya di pasar China, menyusul penjualan iPhone di China  mengalami penurunan yang signifikan, mendorong Apple untuk mencari solusi lokal seperti yang dilakukan Samsung dengan Ernie di China. 

Samsung menggunakan Google Gemini AI secara global tetapi memasukkan Ernie buatan Baidu ke dalam seri Galaxy S24 terbarunya di Tiongkok untuk fitur “Circle to Search” seperti dikutip Gizmochina.

Namun, tantangan regulasi yang semakin besar di China menjadi perhatian bagi Apple dan Baidu. China telah menetapkan peraturan yang ketat terkait layanan AI generatif dalam negeri, memperketat kontrol atas konten yang disetujui pemerintah. Namun, berita tentang potensi kemitraan antara Apple dan Baidu meningkatkan nilai saham Baidu dan dianggap sebagai langkah strategis bagi kedua perusahaan.

Sementara itu, Apple juga berencana untuk mengumumkan iOS 18 dengan fitur AI generatif di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Ada spekulasi tentang peluncuran AI App Store yang memungkinkan pengembang menawarkan aplikasi AI mereka, termasuk Siri yang ditingkatkan. Dengan demikian, iOS 18 diharapkan memberikan pengalaman pengguna yang lebih canggih dengan fitur-fitur AI baru yang inovatif.

Baca Juga: Google Kembangkan AI yang Menganalisis Penyakit Lewat Suara Batuk

 Baca Juga: Fortinet: Gen AI Mampu Meningkatkan Deteksi dan Respon Ancaman Siber