Find Us On Social Media :

Enam Macam Aplikasi yang Berguna dalam Perjalanan Mudik Lebaran

By Liana Threestayanti, Kamis, 4 April 2024 | 21:20 WIB

Ilustrasi Mudik

Momen mudik Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Sebelum mudik, pastikan Anda sudah menyiapkan segala kebutuhan selama di perjalanan. Termasuk memasang beberapa aplikasi yang akan bermanfaat menemani perjalanan mudik Anda. 

Ya, di era digital saat ini, aplikasi menjadi andalan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk dalam merencanakan dan di sepanjang perjalanan mudik Lebaran. 

Anda dapat memanfaatkan aplikasi, mulai dari pencarian tiket transportasi, pemesanan akomodasi, sampai dengan mendapatkan informasi terbaru seputar kondisi lalu lintas. Ada pula aplikasi yang dapat menemani perjalanan mudik Lebaran sehingga Anda tidak akan bosan.

Berikut sederet aplikasi yang dapat mempermudah perjalanan mudik Lebaran, baik ketika menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

1. Aplikasi navigasi dan pemantau lalu lintas

Aplikasi navigasi, seperti Google Maps, Maps.Me, Sygic : GPS Navigation and Maps, dan Waze, dapat membantu memberikan informasi secara real time tentang rute terbaik, perkiraan waktu tempuh, dan kondisi lalu lintas saat mudik. Dengan bantuan aplikasi navigasi, pemudik dapat menghindari kemacetan dan memilih rute terbaik. 

Jika dibutuhkan, pasang juga aplikasi Tol Kita untuk memantau ruas jalan tol via CCTV dan aplikasi Travoy milik PT Jasa Marga. Aplikasi ini punya beragam fitur salah satunya Informasi Lalu Lintas Terkini. Fitur ini menampilkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol. Kedua aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk memantau arus mudik secara live di ruas tol via CCTV.

2. Aplikasi stasiun pengisian daya atau bahan bakar mobil

Aplikasi lainnya yang tak kalah penting adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Dengan aplikasi ini, pemudik dengan kendaraan pribadi akan lebih mudah mencari tempat-tempat pengisian bahan bakar maupun mengisi ulang daya listrik sepanjang perjalanan. 

Pemudik dapat mengunduh aplikasi MyPertamina untuk mengetahui lokasi SPBU Pertamina terdekat. Atau, Anda bisa juga memanfaatkan Google Maps. Caranya, pastikan Anda mengizinkan Google Maps untuk mengakses informasi lokasi terkini Anda. Kemudian, buka aplikasi Google Maps. 

Pilih filter "SPBU" atau “Gas” yang ada di bagian atas peta. Google Maps akan menampilkan titik-titik keberadaan SPBU di seluruh area yang ada di dalam peta, baik yang ada di sekitar Anda maupun yang jauh.

Untuk informasi lokasi SPKLU, pemudik bisa memanfaatkan aplikasi Charge.IN dari PLN. Atau gunakan Google Maps, dengan memilih filter “Layanan”/”Services”. Lalu, pilih opsi “pengisian daya kendaraan listrik” atau “charging stations”.