Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy A55 5G: Mirip Flagship, Harga Lebih Terjangkau

By Dayu Akbar, Sabtu, 6 April 2024 | 09:00 WIB

Samsung Galaxy A55 5G

Samsung Galaxy A55 5G merupakan seri A paling anyar yang meluncur pada Maret 2024 berbarengan dengan Galaxy A35 5G. Sesuai penamaan serinya, Galaxy A55 5G hadir dengan pembaruan tampilan serta spesifikasi yang ditingkatkan dibanding pendahulunya, Galaxy A54 5G.Perbedaan dengan Galaxy A54 5G terdapat pada spesifikasi chipset, ukuran layar, pilihan warna, serta hadirnya fitur flagship yang menjadi daya tarik dibanding sebelumnya. Sedangkan pembeda dengan Galaxy A35 5G lebih kepada penggunaan chipset, resolusi kamera, serta penggunaan frame.Untuk lebih detil mengenai Galaxy A55 5G, berikut ulasan singkatnya:Packaging

Masih sama dengan seri sebelumnya dan juga seri flagship, kotak kemasan Galaxy A55 5G  hadir minimalis dan tidak menyertakan adaptor charger. Anda hanya akan mendapati kabel data USB type-C, SIM ejector, dan kertas panduan serta garansi saja. Bahkan layarnya juga tidak disertakan lapisan anti gores bawaan.

Desain

Sebagai smartphone kelas mid-range, Galaxy A55 5G ini menggunakan tampilan belakang yang mirip dengan flagship Galaxy S24. Hal ini terlihat dengan tiga kamera belakang yang disematkan tanpa adanya frame atau modul kamera. Bodi belakangnya menggunakan lapisan kaca yang sudah dilapisi Gorilla Glass Victus Plus sehingga lebih tahan dan kuat.  Dan yang bikin A55 ini makin keren adalah penggunaan materialnya yang udah pake frame metal dimana seri sebelumnya masih pake plastik polikarbonat. Ini juga yang jadi pembeda dengan A35 yang frame-nya menggunakan polikarbonat. Selain kokoh, desain ini membuatnya terlihat dan terasa lebih premium. Dengan ketebalan 8,2 mm dan berat 213 gram, bodinya sedikit berat dan licin saat dipegang.Bodi belakangnya hadir dalam pilihan warna seperti Awesome Iceblue, Awesome Navy, dan Awesome Lilac. Warna yang kami pegang ini adalah Awesome Navy atau biru tua cenderung ke warna hitam.

Galaxy A55 5G juga dibekali rating IP67 yang membuatnya anti air dan debu, serta tahan saat jatuh dari ketinggian hingga 1 meter atau tercebur ke dalam air tawar selama maksimal 30 menit.

Untuk penempatan tombol fisiknya tidak banyak berubah dibanding seri Samsung pada umumnya. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan tombol Power, yang uniknya ditempatkan pada area yang lebih menonjol dibanding lainnya. Hal ini cukup memudahkan pengguna untuk menemukan tombol tersebut saat diraba. Sementara itu di sisi atas ada mikrofon dan SIM tray berjenis hibrid yang artinya cuma bisa dipasang sama dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD. Dan sisi bawahnya ada mikrofon, USB type-C, dan grill speaker stereo. Layar

Layarnya punya ukuran sama dengan Galaxy A35 5G yaitu 6,6 inci dengan rasio 19,5:9. Panelnya menggunakan Super AMOLED dan memiliki resolusi 1080 x 2340 pixels atau full HD+ dengan refresh rate hingga 210Hz. Keseluruhan layarnya punya 85,8% screen to body ratio karena bezel yang disematkannya memang tidak terlalu tipis. Layar tersebut punya kamera depan yang mengusung desain Infinity-O. Samsung juga menambah tingkat kecerahan layar hingga 1.000 nit yang juga sudah didukung oleh vision booster sehingga tampilan layar tetap terlihat jelas meski digunakan di luar ruangan dengan kondisi matahari terik. Sementara pada malam hari, layar yang sudah SGS eye care-certified ini akan mengurangi emisi Blue Light.

Kamera

Secara berurutan, kamera belakangnya punya konfigurasi kamera ultra-wide 12 MP, kamera utama wide-angle 50 MP, dan kamera macro 5 MP. Kamera 50 MP-nya punya bukaan aperture-nya yang lumayan besar yaitu 1.8. Ini cocok buat foto di tempat-tempat agak gelap karena dengan bukaan besar akan menangkap pencahayaan lebih baik. Kamera utamanya juga bisa melakukan zoom secara digital hingga 10x. Sementara kamera depannya punya resolusi 32 MP. Pada menu aplikasi kamera, terdapat pilihan seperti mode Pro, Video Pro, Night mode, Makro, Slow Mo, Hyperlapse, dan lainnya. Untuk merekam video, kamera utamanya bisa hingga 4K@30 fps dan tidak kalah menarik adalah kemampuan merekam kamera depannya juga sama, hingga resolusi 4K@30fps. Dan kami juga sempat mencoba kemampuan kamera utamanya. Berikut hasilnya.

Spesifikasi

Galaxy A55 5G dipersenjatai dengan chipset Exynos 1480 yang secara performa lebih tinggi dibanding Exynos 1380 yang digunakan Galaxy A35 5G. Chipset ini diproduksi dengan teknologi 4nm sehingga menjadi lebih powerful tapi tetap hemat daya.Prosesor ini memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan pendahulunya, yaitu peningkatan performa GPU sebesar 32% dan peningkatan performa CPU sebesar 15%. Untuk mendukung performa, Galaxy A55 5G dibekali Exynos 1480 serta memori RAM hingga 12GB dan bisa diperluas lagi hingga 20GB dengan RAM Plus. Sementara kapasitas penyimpanan internalnya sebesar 256 GB yang masih ditambah memori eksternal MicroSD hingga 1TB. Kenyamanan juga dihadirkan melalui sistem pendingin terbaru yang membuatnya tetap nyaman dipegang berkat adanya advanced heat control dengan cooling system yang 74% lebih besar. Baterainya punya kapasitas 5000 mAh dengan dukungan fast charging 25 watt. Fitur tambahan lainnya mencakup sensor fingerprint di layar, NFC, serta mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan air dan debu.

Fitur Privasi dan Keamanan Data