Find Us On Social Media :

Kini Banyak Kreator Konten Dapat Penghasilan Tambahan dari Shorts

By Adam Rizal, Minggu, 7 April 2024 | 15:00 WIB

Link dan Cara Download Video YouTube dalam Format MP3.

YouTube mengumumkan format video pendek "Shorts" sukses meraih kesuksesan dengan lebih dari 25 persen para kreatornya memperoleh penghasilan dari Shorts. Kini Shorts mencatat lebih dari 70 miliar tayangan setiap hari, menunjukkan pertumbuhan yang pesat meskipun awalnya sempat dipertanyakan. 

Dengan membuka pembagian pendapatan bagi Shorts sejak setahun yang lalu, YouTube memberikan kesempatan bagi lebih dari seperempat kreator yang tergabung dalam Program Mitra YouTube (YPP) untuk menghasilkan uang dari Shorts. 

Keberhasilan Shorts tidak hanya membuka peluang baru bagi para kreator, tetapi juga memberikan nuansa baru bagi platform YouTube seperti dikutip Phone Arena.

Meskipun beberapa pengguna mungkin tidak sepenuhnya menyukai Shorts yang muncul di feed mereka, Shorts tetap menjadi bagian penting dari YouTube dan menjanjikan potensi penghasilan yang signifikan bagi para kreator di masa depan dengan semakin banyaknya kreator yang terlibat.

Shorts Eksklusif

YouTube meluncurkan versi Shorts eksklusif untuk anggota berbayar yang memungkinkan pembuat konten untuk membagikan video pendek secara khusus kepada pemirsa yang membayar. Fitur baru itu menambahkan nilai bagi pelanggan berbayar dengan memberi mereka akses ke konten tambahan seperti pengumuman khusus, peluncuran produk, atau penawaran eksklusif. 

Kini pembuat konten dapat menggunakan Shorts Khusus Anggota untuk berbagai keperluan, seperti sesi Tanya Jawab, tampilan di balik layar, atau cuplikan konten mendatang. Langkah ini datang seiring dengan perluasan TikTok terhadap penawaran berlangganan kepada lebih banyak pembuat konten. 

TikTok telah memperluas alat monetisasinya untuk memungkinkan pembuat konten non-LIVE untuk memposting video eksklusif bagi pelanggan berbayar. Pembuat konten YouTube dapat memilih untuk menyediakan video Shorts mereka hanya kepada pelanggan berbayar, memungkinkan mereka untuk merencanakan dan menjadwalkan konten eksklusif tersebut. 

YouTube mendorong pembuat konten untuk menjaga video Shorts mereka tetap santai dan organik, sehingga memberikan pengalaman yang lebih dekat bagi pelanggan. Konten eksklusif akan ditampilkan dengan ikon bintang untuk menunjukkan bahwa itu hanya tersedia bagi pelanggan berbayar. 

Menurut TechCrunch, Shorts rata-rata ditonton lebih dari 70 miliar setiap hari, dan sekitar 25 persen saluran di Program Mitra YouTube telah memonetisasi video Shorts melalui pembagian pendapatan.

Pelanggan Premium

Google mengumumkan ada 100 juta orang berlangganan YouTube Premium usai menahan aplikasi pemblokir iklan dan mendorong pengguna berlangganan layanan berbayar YouTube Premium yang bebas iklan. Banyak pengguna yang sempat mengeluh karena YouTube memberikan notifikasi berulang kali untuk berlangganan Premium jika tak ingin ada iklan yang mengganggu. YouTube juga mengirimkan notifikasi ke pengguna yang masih menggunakan ad blocker.