Find Us On Social Media :

Luncurkan AI CRM Pro Suite, Salesforce Dorong UKM Tingkatkan Penjualan

By Liana Threestayanti, Senin, 15 April 2024 | 18:19 WIB

Salesforce meluncurkan solusi CRM Pro Suite berbasis AI yang dirancang untuk membantu UKM di Indonesia mengembangkan bisnisnya.

Salesforce baru-baru ini meluncurkan edisi terbaru solusi CRM Pro Suite berbasis artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya. 

Mengapa UKM? Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, usaha kecil dan menengah menguasai 99% bisnis di Indonesia. Dengan total lebih dari 62 juta unit usaha, sektor UKM berkontribusi lebih dari 61% terhadap PDB Indonesia.

Tantangan yang dihadapi pelaku UKM saat ini adalah melakukan digitalisasi untuk meningkatkan skala bisnis. Padahal menurut studi yang bertajuk “Studi B2B FMCG Marketplace Indonesia Outlook 2023,” sebanyak 60% UKM di Indonesia telah merasakan manfaat penerapan digitalisasi terhadap bisnis mereka. Misalnya, kemudahan mencari penyedia barang dan jasa, serta menjangkau pelanggan. 

Bagaimana solusi CRM Pro Suite dari Salesforce dapat membantu para pelaku UKM?

Pro Suite memungkinkan UKM untuk mengidentifikasi data yang terpisah dan menciptakan visibilitas 360 derajat terhadap pelanggan yang pada akhirnya dapat mendukung CRM, AI, otomatisasi, dan analitik di seluruh proses bisnis. 

Solusi ini juga membantu meningkatkan proses menarik calon pelanggan, mendorong penjualan yang lebih cepat, menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat, dan memaksimalkan keunggulan AI CRM melalui AppExchange salesforce marketplace yang menjawab tantangan di berbagai industri, departemen, atau produk.

Sebagai informasi, Pro Suite merupakan pengembangan dari Starter Suite yang diluncurkan Salesforce pada tahun 2023. Starter Suite sendiri merupak aplikasi CRM terpadu yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menjangkau, mendapatkan, dan mempertahankan pelanggan.

Sedangkan Pro Suite adalah solusi yang dikembangkan Salesforce di atas Platform Einstein 1, sebuah platform skala enterprise yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UKM. Pro Suite menawarkan pertumbuhan yang tak terbatas dari Starter Suite, dengan menyediakan perangkat yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis yang lebih kompleks. Selain fitur yang ditawarkan oleh Starter Suite, Pro Suite juga menyediakan fitur canggih seperti otomatisasi alur kerja dan proses, estimasi dan penawaran penjualan, serta live chat untuk layanan pelanggan.

"UKM memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang berkontribusi secara signifikan terhadap bisnis dan lapangan kerja. UKM biasanya kesulitan untuk meningkatkan skala bisnis mereka ke tahap pertumbuhan lebih lanjut karena keterbatasan sumber daya untuk mengelola proses yang lebih kompleks. Upaya menemukan cara-cara baru guna meningkatkan efisiensi dan melakukan inovasi sangat penting dilakukan untuk menghadapi tantangan dan lanskap bisnis yang semakin kompetitif," ujar Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN.

Sujith menjelaskan bahwa Pro Suite membantu UKM mengatasi tantangan berupa data silos, menciptakan sistem terintegrasi untuk data pelanggan dengan Data Cloud, dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Sebagai solusi yang terjangkau, intuitif, dan terukur, Pro Suite menempatkan UKM pada posisi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta menjawab tantangan bisnis di Indonesia saat ini," pungkasnya.

Baca juga: Salesforce: Inilah Tren TI di Tanah Air, AI Generatif dan Lainnya