Find Us On Social Media :

Profesi AI Makin Dicari, Ini Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan AI

By Rafki Fachrizal, Rabu, 17 April 2024 | 16:35 WIB

Ilustrasi mahasiswa/i jurusan AI.

AI (artificial intelligence) kini menjadi salah satu teknologi yang banyak diterapkan perusahaan dari berbagai industri.

Tak heran, talenta yang menguasai teknologi ini semakin dibutuhkan. Bahkan, banyak perusahaan yang berani menjanjikan gaji yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki kemampuan AI.

Untuk bisa bekerja di bidang AI, tentunya keahlian di bidang teknologi ini haruslah dikuasai. Untuk mempelajarinya, salah satu caranya bisa dengan masuk perguruan tinggi di bidang AI.

Di Indonesia, saat ini sudah ada beberapa universitas/kampus yang menyediakan jurusan/program studi AI. Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas ini memiliki program studi S1-Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Program studi ini berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem otonom yang dapat diterapkan di berbagai bidang.

Mahasisw/I akan mempelajari ilmu-ilmu dasar (matematika dan fisika), ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, sistem siber-fisik, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot.

Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar Serjana Teknik (S.T) dan memiliki beberapa kesempatan berkarir seperti menjadi tenaga ahli robotika, tenaga ahli kecerdasan buatan, ahli otomasi industri, tanaga ahli/manajer/supervisor, dan konsultan.

2. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas BINUS resmi meluncurkan program studi S1-Artificial Intelligence pada September 2023.

Setiap mahasiswa/I yang mengambil program studi ini akan mendapatkan mata kuliah seperti robotika, machine learning, deep learning, computer vision, dan natural language processing.

Prospek lulusan jurusan AI di antaranya menjadi computer scientist, profesionalAl, machine learning engineer, computer engineer programmer, research scientist, data scientist, software engineer, system analyst, network specialist, dan multimedia programmer.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)