Find Us On Social Media :

Baidu Luncurkan Sistem Operasi Wanyuan, Bantu Pengembangan Aplikasi AI

By Adam Rizal, Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB

Baidu Ernie 4.0

Baidu meluncurkan sistem operasi komputasi cerdas terbarunya Wanyuan dalam ajang Create AI Developer Conference 2024 di Shenzhen. Kehadiran OS Wanyuan menandai perubahan besar dalam dunia cloud computing dengan penekanan pada komputasi cerdas. Sistem operasi itu diperkenalkan oleh Shen Dou, Wakil Presiden Eksekutif Baidu Group dan Presiden Baidu Smart Cloud Business Group yang bertujuan untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman pengembangan aplikasi AI. 

"Saat ini sistem cloud computing tradisional masih relevan tetapi tidak lagi menjadi pusat perhatian. Kehadiran komputasi cerdas mampu menjawab kebutuhan akan sistem operasi baru yang mendefinisikan kembali interaksi manusia-komputer dan memberikan pengalaman pengembangan yang lebih lancar kepada pengembang," kata Shen Dou seperti dikutip Gizmochina.

Wanyuan mampu mengabstraksi kompleksitas sistem cloud-native dan kekuatan komputasi yang heterogen serta merevolusi cara pengembang berinteraksi dengan platform komputasi. Berfokus pada tiga lapisan - Kernel, Shell, dan Toolkit, Wanyuan mengoptimalkan platform komputasi heterogen Baige AI Baidu untuk efisiensi dan kinerja yang impresif.  "Pada tingkat kernel, platform Baige AI Baidu mampu menjalankan tugas-tugas seperti pelatihan model besar dan inferensi. Hal itu mencapai efisiensi dan kinerja yang mengesankan, memimpin industri dalam efisiensi daya komputasi," ujarnya.

Selain itu, sistem ini mendukung kompatibilitas dengan chip AI utama dan menggabungkan model-model besar untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam skenario bisnis.  Wanyuan juga menyediakan alat manajemen model, penjadwalan, dan pengembangan, Wanyuan melindungi pengembang dari kompleksitas pengembangan model dan mengoptimalkan pemilihan model untuk berbagai tugas, mengurangi biaya inferensi hingga 30 persen. 

"Fleksibilitas ini mengatasi tantangan penggunaan banyak chip dalam skenario pelatihan model, memastikan kelancaran kinerja dan efektivitas biaya," ujarnya.

Sebagai langkah maju dalam evolusi sistem operasi komputasi cerdas, Baidu berharap Wanyuan dapat memberdayakan pengembang dan perusahaan untuk menggali potensi baru dalam aplikasi AI. Dengan menyederhanakan proses pengembangan dan meningkatkan kinerja, Baidu bertujuan untuk memberdayakan pengembang dan perusahaan untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam aplikasi asli AI.

Baca Juga: Amazon Music Kenalkan Maestro, Bikin Daftar Putar Lagu Dibantu AI

 Baca Juga: Liverpool FC Pakai Teknologi AI Google Analisis Taktik Sepak Bola