Find Us On Social Media :

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku UMKM Meningkat 1,5 Kali Lipat

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 20 April 2024 | 20:25 WIB

Ilustrasi Pelaku Usaha Perempuan di Tokopedia.

Platform Tokopedia dan TikTok (melalui Shop | Tokopedia) menilai bahwa peran UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) sangat penting dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional,

Di kedua platform tersebut, tercatat hingga kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan

Dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Jumat (19/04/2024), Antonia Adega selaku Communications Senior Lead Tokopedia, mengatakan bahwa perempuan pelaku UMKM yang bergabung di Tokopedia pun terus mengalami peningkatan.

“Jumlah perempuan pelaku usaha saat pandemi (2020) bahkan meningkat 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki. Artinya, keterlibatan perempuan di sektor kewirausahaan, dalam hal ini melalui Tokopedia, makin meningkat dari waktu ke waktu,” ujar Adega.

Selama tahun 2023 (pascapandemi) dibandingkan tahun 2020, Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat.

Untuk makin mendorong partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan, Tokopedia dan Shop | Tokopedia melakukan berbagai inisiatif.

Contohnya, Kelas Perempuan Maju Digital, program kolaborasi dengan pemerintah daerah yang berfokus pada pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM.

Ada pula Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia. “Modul Perempuan Maju Digital tujuannya untuk mengedukasi perempuan pelaku UMKM untuk tumbuh dan berkembang,” cetus Adega.

Ada pula Beli Lokal Spesial Hari Kartini, di mana terdapat promo spesial Hari Kartini yang memungkinkan masyarakat berbelanja produk fesyen hingga kecantikan lebih hemat karena ada diskon khusus.

Di sisi lain, selama tahun 2023 (pascapandemi) dibandingkan tahun 2020 (pandemi), Tokopedia mencatat, Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

Konferensi pers virtual Tokopedia dan TikTok.

Gerakan Tokopedia Hijau dorong produk ramah lingkungan

Menyambut Hari Kartini dan Hari Bumi pada 21 April dan 22 April 2024, Tokopedia dan TikTok (melalui Shop | Tokopedia) terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan.