Find Us On Social Media :

Ini Empat Manfaat Menggunakan Platform Kahoot! Saat Belajar

By Rafki Fachrizal, Jumat, 3 Mei 2024 | 19:30 WIB

Ilustrasi Kahoot!

Di era digital seperti saat ini, cara kita mengajar dan belajar mengalami perubahan yang luar biasa.

Sebagai platform pembelajaran, Kahoot! hadir untuk mengubah metode pendidikan tradisional menjadi lebih menarik bagi para guru dan siswa.

Kahoot! sendiri diketahui bisa meningkatkan kinerja tes siswa. Sebuah meta-analisis komprehensif dari WiKIT menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot! secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan analisis dari 16 penelitian yang melibatkan 2,070 peserta, Kahoot! terbukti memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran siswa.

WiKIT pun menggarisbawahi Kahoot! sebagai alat pembelajaran yang kuat untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat menggunakan Kahoot! saat belajar:

1. Membangun Motivasi Siswa di Kelas

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengajar siswa yang bosan di kelas? Jika iya, Anda bisa coba menggunakan fitur-fitur Kahoot! untuk membuat belajar di kelas menjadi lebih dinamis dan menarik.

Melalui sistem poin dan papan peringkat, Kahoot! bisa memotivasi siswa untuk bersaing dan menjadi pemenang.

Selain itu, belajar menggunakan Kahoot! bisa memberikan, rasa fulfillment dan meningkatkan semangat merekauntukbelajar.

2. Mendorong Keterlibatan Siswa

Saat para siswa termotivasi, kelas pun akan menjadi semakin ramai dan seru. Format Kahoot! yang interaktif dapat mendorong siswa untuk saling menyemangati atau memperdebatkan jawaban sehingga meningkatkan keterlibatan siswa, terutama dalam ice breaking atau saat membuka diskusi.

Selain itu, laporan secara real-time yang disediakan Kahoot! dapat memperlihatkan sejauh mana pemahaman siswa sehingga membantu tenaga pendidik dalam menyempurnakan materi pembelajaran.