Find Us On Social Media :

Startup Manajemen Karbon Jejakin Dapat Suntikan Dana US$2,7 Juta

By Rafki Fachrizal, Selasa, 14 Mei 2024 | 15:00 WIB

Ilustrasi Jejakin.

Jejakin, startup di bidang climate tech asal Indonesia yang berfokus pada pengembangan platform manajemen karbon, baru saja mendapatkan suntikan dana senilai US$2,7 juta.

Pendanaan itu didapatkan Jejakin dari PT ITM Bhinneka Power, serta didukung Indogen Capital, SMDV, dan East Ventures.

Dengan dana segar ini, Jejakin bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan, melakukan penelitian dan pengembangan teknologi, dan memungkinkan lebih banyak perusahaan dan individu untuk berkontribusi dalam aksi mitigasi iklim.

"Kami senang mendapat dukungan dari para investor yang luar biasa, salah satunya adalah East Ventures,” kata Arfan Arlanda, CEO & Founder Jejakin.

“Kami yakin pendanaan ini akan mendorong kami maju dalam misi untuk meningkatkan kondisi lingkungan dengan mempercepat aksi mitigasi iklim menggunakan teknologi,” tambahnya.

Didirikan pada tahun 2018 oleh Arfan Arlanda, Sudono Salim (Chief Growth Officer), Andreas Djingga (Chief Operation Officer), dan Haris Iskandar (Chief of Sustainability and Climate Change), Jejakin hadir dengan visi untuk memberdayakan bisnis dan individu dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Para pendiri Jejakin percaya bahwa kontribusi kolektif dari perusahaan dan individu sangat penting untuk mengatasi perubahan iklim.

Perubahan iklim sendiri diketahui merupakan salah satu tantangan paling utama yang dihadapi planet kita dan berdampak pada semua negara, termasuk Indonesia.

Laporan Asian Development Bank (ADB) mengidentifikasi Indonesia sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap perubahan iklim dan telah mengalami kenaikan permukaan laut, peristiwa cuaca ekstrem, serta gangguan produksi pertanian.

Menyadari urgensi tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah proaktif. Indonesia telah lama berpartisipasi dalam Voluntary Carbon Market (VCM) dan baru-baru ini menerapkan pasar karbon wajib.

Pasar ini bertujuan untuk mencapai target Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC), yaitu janji nasional untuk mengurangi emisi gas rumah kaca untuk sektor tertentu seperti energi dan manufaktur.

Kebijakan ini menciptakan peluang signifikan bagi solusi inovatif seperti platform Jejakin untuk memberdayakan bisnis untuk memenuhi tujuan keberlanjutan mereka.

Jejakin menawarkan solusi berbasis Artificial Intellegence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang membantu para perusahaan mencapai target emisi nol mereka untuk menjawab tantangan akan perubahan iklim.