Find Us On Social Media :

Game Developer Perlu Tahu, Ini Tips Tingkatkan Pendapatan Mobile Game

By Rafki Fachrizal, Kamis, 16 Mei 2024 | 13:30 WIB

Ilustrasi Gamers

Google AdMob baru-baru ini telah menyelenggarakan “Google Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab” di Surabaya.

Berlangsung pada 7 Mei lalu, dalam acara itu peserta dilatih memaksimalkan pemanfaatan AdMob untuk menghasilkan pendapatan iklan dari mobile game.

Acara ini tidak hanya terbatas untuk developer berpengalaman saja, namun juga bagi developer pemula.

Denis Nichifor, Head of Apps Partnerships - Southeast Asia, Google melihat potensi dari kreativitas tinggi yang ditunjukkan game developer Indonesia. Mereka membuktikan kemampuan untuk mengembangkan mobile game berkualitas sesuai selera para pecinta game di Indonesia. 

“Kini saatnya game developer Indonesia merambah pasar global. Oleh karena itu, penting bagi game developer memahami strategi pemasaran yang efektif sebagai kunci sukses menjaga kelangsungan bisnisnya,” jelas Denis.

“Kami berharap melalui program ini, para developer dapat terbantu untuk memulai perencanaan ekspansi global menggunakan rangkaian solusi dari Google Admob, Firebase, Google Play, Google Ads  sesuai dengan kebijakan yang berlaku,” tambahnya.

Diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, acara tersebut digelar tim AdMob ingin memastikan bahwa semua peserta memperoleh manfaat maksimal dari sesi diskusi dan presentasi.

Acara ini juga diharapkan dapat mendorong lebih banyak game developer untuk berkreasi dan menciptakan ekosistem yang bermanfaat baik untuk pengguna maupun bisnisnya.

Lebih lanjut, Google AdMob turut membagikan beberapa tips bagi game developer lokal untuk mengembangkan dan mengelola bisnis game mobile:

1. Dengan mengetahui cara kerja Mediasi dan bidding AdMob, developer berkesempatan memperoleh penghasilan dengan mudah melalui iklan dalam aplikasi, analitik yang dapat ditindaklanjuti, hingga berbagai tools canggih yang mudah digunakan.

Kita juga bisa merancang strategi iklan dalam aplikasi dengan memilih format iklan yang tepat, memperhatikan praktik terbaik untuk memaksimalkan engagement dan pengalaman pengguna yang baik, juga optimalisasi dan pengujian untuk hasil terbaik.

2. Memahami kebijakan merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk keberlangsungan bisnis aplikasi dan mobile game.

Oleh karena itu, penting bagi developer untuk tetap patuh terhadap kebijakan umum yang diterapkan AdMob dan Google.

3. Menyiapkan kampanye aplikasi untuk mencapai berbagai tujuan kini menjadi lebih mudah. Dengan dukungan Google AI, kini cukup dengan satu kampanye aplikasi di Google Ads, kita dapat mempromosikan aplikasi di semua platform terbesar Google.

Developer dapat memilih tujuan seperti menginstal, melakukan aktivitas tertentu dalam aplikasi, mendapatkan Return on Ads Spent (ROAS) yang baik, bahkan meningkatkan pendapatan dalam aplikasi.

Baca Juga: Penerbit Game GTA PHK 600 Karyawannya dan Batalkan Proyek Game Baru

Baca Juga: Google DeepMind Pakai AI Generatif Kembangkan Solusi Industri Medis