Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT, Google Pamerkan Inovasi AI dalam Google I/O 2024

By Adam Rizal, Jumat, 17 Mei 2024 | 10:00 WIB

Tantang ChatGPT, CEO Sundar Pichai Pamerkan Inovasi AI dalam Ajang Google I/O 2024

Google mengumumkan berbagai fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terbaru dalam ajang Google I/O 2024. Tentunya, Google melihat persaingan inovasi AI sangat pesat di pasar, menyusul OpenAI terus memperbarui kemampuan ChatGPT untuk merebut hati pasar.

Apalagi, OpenAI mendapatkan sokongan dana dan fasilitas dari Microsoft yang sama-sama mengembangkan AI. Acara Google I/O diadakan sehari setelah OpenAI memamerkan GPT-4o yang mampu menjawab pertanyaan secara tertulis, visual, atau suara dengan gaya percakapan manusia.

Berikut inovasi Google yang dipamerkan dalam ajang Google I/O 2024:

Upgrade Google Lens

Kini Google Lens dapat mencari informasi dalam video dan merekam lingkungan sekitar dan mengajukan pertanyaan dalam video yang sama. AI Google dapat merespons dengan mencari informasi di web berdasarkan video yang direkam.

Fitur Terbaru Ask Photos 

Kini fitur Ask Photos membantu pengguna mencari informasi dengan memeriksa seluruh foto di HP atau cloud. 

Asisten Rapat

Kini AI Gemini tersedia di fitur rapat online Workspace. AI Gemini dapat membantu mencari konten dari Google Drive, menulis email, atau mengingatkan untuk membalas email.

Project Astra

Project Astra adalah salah satu proyek AI ambisius Google yang berfungsi sebagai "mata kedua" lewat lensa gadget pengguna. Dalam demonstrasi, Astra bisa menemukan dan memberi tahu lokasi sebuah kacamata di atas meja yang direkam oleh kamera HP, serta menjawab berbagai pertanyaan berdasarkan pengamatan kamera.

Platform Video Veo

Google memperkenalkan Veo, platform pencipta video yang dapat menghasilkan video 1080p berdasarkan perintah teks, gambar, atau video, mirip dengan Sora dari OpenAI. Veo cocok digunakan oleh beberapa kreator YouTube dan ditawarkan kepada Hollywood untuk pembuatan film.

Gemini Live

Kini Gemini Live mampu berbicara lebih alami dan terintegrasi dengan Google Calendar, Task, dan Keep. Hal itu memungkinkan fungsi tambahan seperti menambahkan detail jadwal berdasarkan gambar poster.

Menjawab Pertanyaan Matematika

Pengguna Android bisa melingkari pertanyaan matematika di layar dan meminta AI Google memberikan formula dan langkah-langkah untuk membantu menemukan solusi.

AI Google Search

Google meluncurkan AI Overviews di mesin pencarian untuk pengguna di Amerika Serikat (AS) dengan laman pencarian yang menyimpulkan berbagai informasi dari web.

Deteksi Penipuan

Kini Gemini dapat mengenali upaya penipuan dengan memberikan peringatan kepada pengguna di tengah percakapan telepon yang dicurigai sebagai penipuan. Gemini dapat menjawab pertanyaan tentang video tertentu dan, untuk pengguna berbayar, mengolah informasi dari PDF.

Asisten AI Google Chrome

Gemini Nano hadir di browser Chrome, membantu membuat teks untuk posting media sosial, review produk, dan lainnya.

Watermark

Google meningkatkan fitur watermark SynthID pada konten buatan AI, termasuk video buatan Veo, dan bisa mendeteksi video buatan AI dari platform lain.

Baca Juga: Saingi ChatGPT, AI Google Gemini 1.5 Flash Lebih Cepat dan Ringan

 Baca Juga: Apa itu Project Astra?, Proyek AI Ambisius Google yang Mirip GPT-4o