Find Us On Social Media :

HashMicro Bantu Perusahaan Lakukan Data-driven yang Tepat Sasaran

By Adam Rizal, Minggu, 19 Mei 2024 | 11:30 WIB

Ilustrasi Pemimpin Digital.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, persaingan antar bisnis semakin ketat. Pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dan ekspektasi yang terus meningkat. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan perlu memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan mereka secara lebih baik. Dengan memiliki informasi yang akurat dan mendalam, perusahaan bisa lebih mudah untuk menguasai pasar.

Hal inilah yang mendorong HashMicro, perusahaan penyedia solusi Enterprise Resource Planning (ERP) terkemuka di Indonesia, untuk terus menyuarakan pentingnya transformasi menjadi data-driven company. Data-driven company adalah perusahaan yang menggunakan data untuk menginformasikan dan mengarahkan keputusan bisnis.

Menurut Lusiana Lu, Business Development Director HashMicro, perusahaan yang digerakan oleh data akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. “Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, keputusan yang tepat dan cepat sangatlah penting. Data-driven company dapat memanfaatkan data untuk membuat keputusan yang strategis dan terukur. Dengan analisa data yang tepat, perusahaan dapat mengetahui tren pasar, memahami perilaku pelanggan, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan yang ada.”

Dengan menjadi data-driven company, maka perusahaan bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui analisa data perusahaan untuk melihat area yang perlu ditingkatkan dan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. Data juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja karyawan dan departemen, sehingga dapat dilakukan perbaikan yang terarah.

Data yang akurat dan komperhensif juga dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih strategis dan terukur. Data dapat digunakan untuk menilai kelayakan suatu investasi, mengidentifikasi peluang pasar baru, serta mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Lusiana menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan data secara optimal, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pasar, memahami perilaku pelanggan, serta mengidentifikasi peluang yang ada. “Melalui analisa data, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih personal dan tepat sasaran, sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya.”

HashMicro membagikan beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk bertransformasi menjadi data-driven company, antara lain:

Pertama, perusahaan bisa mengidentifikasi tujuan dan KPI (key performance indicator) yang relevan dengan tujuan bisnis. KPI akan digunakan untuk mengukur keberhasilan perusahaan dan menjadi dasar pengambilan keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Kedua, menanamkan budaya untuk terus mengacu pada data. Dalam proses perubahan perlu dibiasakan untuk selalu mengacu pada data setiap dihadapkan pada momen pengambilan keputusan. Pimpinan perusahaan harus mendukung inisiatif data-driven dan memberi contoh kepada perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga harus mendukung SDM dengan memberikan working tools yang bisa memungkinkan karyawan untuk bekerja berbasis data. Hal ini ditujukan untuk membuat karyawan menjadi terbiasa dalam bekerja dengan data.

Ketiga, perusahaan perlu membangun infrastruktur data yang baik, termasuk sistem pengumpulan data, penyimpanan data, dan analisa data. Investasi pada teknologi dan sumber daya manusia yang ahli dalam pengelolaan data sangatlah penting. Hal ini bisa dibantu dengan memanfaatkan software manajemen bisnis.

Sebagai perusahaan yang melakukan riset pengembangan software ERP, HashMicro berkomitmen untuk membantu perusahaan bertransformasi menjadi lebih data-driven.