Find Us On Social Media :

Review Dell Precision 5680: Laptop Workstation Ringan dan Tangguh

By Dayu Akbar, Senin, 20 Mei 2024 | 10:35 WIB

Dell Precision 5680 Mobile Workstation

Laptop workstation yang ditujukan bagi profesional kerap memiliki dimensi besar dan bobot yang berat. Namun kali ini Dell menghadirkan varian baru dari seri Precision yang memiliki bobot lebih ringan melalui Dell Precision 5680. Seri Precision sendiri diperuntukkan bagi kebutuhan profesional seperti pekerja grafis editor, 3D editor, desainer, atau mereka yang sering menggunakan aplikasi-aplikasi grafis sejenis.

Meski lebih ringkas, Dell Latitude 5680 tetap tampil dengan ciri khas workstation mobile dengan bodi besar dan desain minimalis. Bobotnya sekitar 1,84 kg yang terbilang ringan dibanding laptop sekelas yang rata-rata memiliki bobot diatas 2 kg. Dimensinya punya panjang 35,26 cm dan ketebalan 2,6 cm sehingga masih bisa masuk ke dalam tas ransel.

Bodinya sendiri menggunakan sasis aluminum kokoh dan sudah mendapatkan sertifikasi standar militer MIL-STD-810H yang membuatnya tahan terhadap guncangan, suhu, dan kondisi ekstrem lainnya. Sementara area palm rest menggunakan kombinasi bahan dari polikarbonat dan serat kaca.

Yang agak heran adalah lay-out keyboard yang tidak full-size. Dengan dimensi laptop yang lebar seharusnya Dell masih bisa menggunakan lay-out tersebut. Keyboardnya minimalis dan tidak terdapat tombol shortcut maupun numkey. Tiap tombol punya backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan.

Tidak hanya performa, ketangguhan juga terlihat dari bodinya yang berstandar militer (MIL-STD Certified).

Tombol Caps Lock terdapat indikator warna putih sebagai penanda saat sedang diaktifkan. Tombol Power juga masuk kedalam area keyboard dengan posisi di ujung kanan atas. Tombol ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk pemindai sidik jari guna melakukan login ke Windows dengan lebih aman. Saat digunakan, travel key yang rendah membuat tombolnya sangat nyaman ditekan dan membuat kegiatan mengetik jadi lebih menyenangkan. Untuk trackpadnya berukuran besar dengan landasan yang licin dan mendukung multi gesture.

Karena kedua sisi keyboard masih ada ruang, Dell menempatkan area tersebut dengan speaker internal. Tidak hanya dua, tapi total ada empat speaker yang masing-masing terdapat dua speaker di tiap sisinya. Ini membuat performa audio-nya terdengar lebih wide dan kencang.

Keyboard-nya tidak full-size namun trackpad memiliki ukuran yang cukup besar yang mendukung multi-gesture.

Dari sisi konektivitas, sisi kiri terdapat HDMI 2.1, jack audio 3,5mm, dan dua port USB type-C yang mendukung Thunderbolt 4 dan Power Delivery. Sisi kanannya terdapat USB type-C dan slot SD Card. Jika Anda membutuhkan port USB type-A, Dell sudah menyertakan dongle yang terdapat dalam paket penjualannya.

Untuk kebutuhan meeting online, laptop ini dilengkapi dengan webcam dengan resolusi 2MP atau 1080p. Sebagai kelengkapan disematkan dua mikrofon yang di posisinya di sisi kiri dan kanan webcam. Webcamnya sendiri memiliki sensor proximity yang bisa mengunci laptop secara otomatis saat Anda meninggalkan laptop dan membuka kembali saat kamera mendeteksi keberadaan wajah penggunanya. Tidak ketinggalan, mendukung pula Windows Hello untuk melakukan login ke Windows.

Memiliki total tiga port USB type-C dimana dua diantaranya mendukung Thunderbolt 4, sedangkan port USB type-A tersedia dalam bentuk dongle.

Beralih ke layar, engselnya bisa dibuka sampai sekitar 130 derajat. Pada bagian engsel tersebut terdapat lubang keluaran angin dari suhu panas komponen. Agar tidak terkena langsung layar, Dell membuat halangan sehingga layar tidak terkena suhu panas secara langsung.