Find Us On Social Media :

Intel Siap Luncurkan Prosesor Lunar Lake pada Kuartal 3 Tahun Ini

By Rafki Fachrizal, Rabu, 22 Mei 2024 | 21:15 WIB

Intel Lunar Lake.

Intel akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran prosesor teranyarnya yaitu Lunar Lake. Rencananya, prosesor Lunar Lake bakal rilis pada kuartal 3-2024.

Intel Lunar Lake akan mendukung lebih dari 80 desain laptop terbaru di lebih dari 20 original equipment manufacturer (OEM) dan menghadirkan kinerja AI (artificial intelligence) dalam skala global untuk PC Copilot+.

Lunar Lake akan mendapatkan pengalaman Copilot+, sebagaimana Recall, melalui update saat telah tersedia.

Prosesor terbaru Intel ini dirancang untuk AI PC dan Intel berencana mengirimkan lebih dari 40 juta prosesor AI PC pada tahun ini.

AI PC memiliki central processing unit (CPU), graphic processing unit (GPU), dan neural processing unit (NPU), masing-masing dengan kemampuan akselerasi AI yang spesifik.

NPU adalah akselerator khusus yang secara efisien menangani tugas AI dan machine learning (ML) langsung di PC Anda, alih-alih mengirim data untuk diproses di cloud.

AI PC kini semakin penting seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk mengotomatisasi, menyederhanakan, dan mengoptimasi berbagai tugas di PC.

“Dengan terobosan efisiensi daya, kompatibilitas arsitektur x86 yang tepercaya, dan katalog pemberdayaan software paling lengkap di industri ini, di seluruh CPU, GPU, dan NPU, kami akan memberikan penawaran hardware dan software joint client yang paling kompetitif dalam sejarah kami bersama Lunar Lake dan Copilot+,” kata Michelle Johnston Holthaus, Executive Vice President and General Manager of the Client Computing Group, Intel, dalam keterangan resminya.

Intel Lunar Lake diharapkan menjadi prosesor mobile paling inovatif untuk AI PC dengan kinerja AI lebih dari 3 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan lebih dari 40 NPU tera operations per second (TOPS), prosesor Intel generasi berikutnya ini akan memberikan kemampuan yang diperlukan untuk merasakan pengalaman Copilot+ saat nanti memasuki pasar.

Selain NPU berperforma lebih tinggi, Lunar Lake juga akan dilengkapi dengan lebih dari 60 GPU TOPS yang menghadirkan lebih dari 100 platform TOPS.

“Peluncuran Lunar Lake akan membawa peningkatan fundamental yang luar biasa dalam hal keamanan, masa pakai baterai, dan banyak lagi, berkat kemitraan co-engineering kami yang erat dengan Intel. Kami sangat senang melihat Lunar Lake hadir di pasar dengan 40+ TOPS NPU yang akan menghadirkan pengalaman Microsoft Copilot+ dalam skala besar saat nanti tersedia,” kata Pavan Davuluri, Corporate Vice President of Windows + Devices, Microsoft.

Pendekatan holistik terhadap AI memerlukan infrastruktur pemberdayaan software yang tangguh serta inovasi hardware.