Find Us On Social Media :

Kearney: Fokus Manfaatkan AI, Potensi Investasi Indonesia Meningkat

By Liana Threestayanti, Minggu, 26 Mei 2024 | 20:31 WIB

digital money transfer technology background

FDI Confidence Index® 2024 dari Kearney mencatat peningkatan status Indonesia sebagai pusat investasi pilihan. Salah satu alasan di balik optimisme para investor terhadap Indonesia adalah fokus terhadap teknologi dan inovasi, seperti artificial intelligence (AI).

Pencapaian signifikan Indonesia itu diperlihatkan dalam lonjakan optimisme mencapai 24%, atau naik dari 15% pada tahun 2023, meskipun peringkatnya sedikit turun dari 11 ke 12.

Dengan pencapaian itu, menurut Kearney, Indonesia muncul sebagai pemain kunci dalam membentuk tren investasi di masa depan, siap menarik arus masuk modal yang lebih tinggi dan mendorong kemakmuran ekonomi.

Indonesia tetap menjadi pilihan utama investor berkat stabilitas ekonomi, sumber daya alam yang melimpah, dan pertumbuhan kelas menengah. Fokus pada teknologi dan inovasi, seperti AI, memperkuat daya tariknya sebagai tujuan investasi strategis. Potensi AI di Indonesia dapat meningkatkan efisiensi dan pengambilan keputusan investasi, meski ada kekhawatiran tentang keamanan siber.

"Kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang stabil, sumber daya alam yang melimpah, dan meningkatnya jumlah kelas menengah berkontribusi terhadap daya tarik Indonesia sebagai tujuan investasi yang strategis. Adopsi teknologi dan aspek-aspek yang terkait dengan inovasi juga mempengaruhi pengambilan keputusan investasi," jelas Rohit Sethi, Government and Economic Development Practice Lead di Indonesia.

Sethi menambahkan bahwa ekonomi Indonesia yang kuat, senilai US$1 triliun, dan iklim bisnis yang kondusif menambah daya tarik bagi investor asing. 

Sementara itu, efisiensi regulasi dan stabilitas kerangka kerja peraturan memberikan kepastian dan keamanan bagi para investor, mendukung lingkungan investasi yang sehat dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Stabilitas dan prediktabilitas kerangka kerja peraturan di Indonesia memainkan peran penting dalam menarik investasi asing, memberikan kepastian kepada para investor untuk menanamkan modalnya pada prospek pertumbuhan negara ini," pungkas Shirley Santoso, Presiden Direktur Kearney Indonesia.

Baca juga: Kearney Berikan 5 Langkah Digitalisasi Rumah Sakit, Manfaatkan AI

Baca juga: Alibaba Cloud Tambahkan Investasi Global Mendorong Inovasi AI