Find Us On Social Media :

Gandeng OpenAI, Apple Bakal Integrasikan Siri dengan ChatGPT di iOS 18

By Adam Rizal, Jumat, 31 Mei 2024 | 10:00 WIB

Apple Bakal Luncurkan iOS 18 di WWDC Juni 2024, Ini Bocoran Fitur AI-nya

Apple dan OpenAI sepakat mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18 dan sistem operasi Apple lainnya pada 2024, menurut laporan dari Apple Insider. Apple ingin menghadirkan teknologi AI ke platformnya dengan fokus menjaga privasi di perangkatnya daripada menggunakan Model Bahasa Besar (LLM) seperti yang dilakukan oleh para pesaingnya. Karena itu, Apple mencari kemitraan dengan Google atau Microsoft untuk membawa LLM mereka ke iPhone.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Apple  mencapai kesepakatan dengan OpenAI. Meskipun rincian kesepakatan belum diketahui, tetapi teknologi ChatGPT akan dapat diakses oleh pengguna Apple, terutama melalui Siri.

Kesepakatan dengan OpenAI tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan perusahaan AI lainnya. Ada rumor bahwa Apple sedang merencanakan pembuatan App Store AI, sehingga OpenAI bisa menjadi salah satu dari beberapa perusahaan yang mengisi toko tersebut.

Faktor internal mungkin mendorong kompromi ini, karena Wakil Presiden Senior Pembelajaran Mesin dan Strategi AI Apple, John Giannandrea, dilaporkan mengatakan dalam email pada tahun 2023 bahwa "hal terakhir yang dibutuhkan orang adalah chatbot lain".

Jadi, Apple tidak fokus pada pengembangan LLM sisi server atau belum siap meluncurkannya. Jika laporan ini benar, Apple tidak akan mengumumkan LLM buatan  sendiri untuk menggantikan Siri. Sebaliknya, mereka akan menggunakan produk sisi server seperti ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Contohnya, saat ini jika Anda bertanya sesuatu kepada Siri yang memerlukan pencarian, Siri mengirimkan permintaan ke Google dengan pengenal anonim. OpenAI bisa menyediakan opsi serupa, di mana pertanyaan yang memerlukan AI akan diteruskan ke ChatGPT dengan cara yang menjaga privasi, dan jawaban akan disampaikan oleh Siri.

Baca Juga: Patuhi Regulasi, Starlink Bangun Pusat Operasional di Wilayah Ini

 Baca Juga: ISP Lokal Minta Starlink Harus Mematuhi Regulasi di Indonesia