Find Us On Social Media :

Review Acer Swift X 14 AI (SFX14-72G): Laptop Kencang dan AI Ready

By Dayu Akbar, Jumat, 31 Mei 2024 | 17:05 WIB

Acer Swift X 14 AI (SFX14-72G)

Acer melengkapi portofolio seri Swift terbarunya dengan menghadirkan laptop yang sudah AI Ready melalui seri Acer Swift X 14 AI. Penamaan seri dengan embel-embel AI ini menegaskan penggunaan Intel® Core™ Ultra 7 Processor yang menghadirkan teknologi NPU (Neural Processing Unit) untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan AI. 

Acer Swift X 14 AI dirancang untuk memenuhi kebutuhan para konten kreator agar mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dimanapun mereka berada. Tampilannya minimalis dan klasik yang mencerminkan segmen yang dituju. Untuk daya tahannya, bodi laptop menggunakan sasis alumunium yang ringan, dengan berat hanya 1,5 Kg dan ketebalan 17,99 mm serta sudah sangat tangguh karena telah tersertifikasi militer MIL-STD-810H.

Laptop ini ditenagai dengan Intel® Core™ Ultra 7 Processor yang mendukung fitur akselerasi AI melalui Intel® AI Boost. SKU yang digunakan yaitu Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H dengan 16-cores/22 threads yang terdiri dari 6 performance cores, 8 efficient cores, dan 2 low power efficient cores. Kombinasi inilah yang membuat prosesor tersebut tidak hanya menawarkan performa yang kencang namun juga tetap irit.

Bodinya menggunakan sasis megnesium aluminium alloy yang tangguh dan juga sudah mendapatkan sertifikasi standar uji militer MIL-STD-810H.

Selain Intel® Arc™ Graphics yang merupakan GPU bawaan dari prosesor tersebut, Acer juga melengkapinya dengan NVIDIA GeForce 4050 dengan memori 6 GB GDDR6 yang memiiki TDP 60 watt. Untuk memori RAM sudah terpasang dengan kapasitas cukup besar yaitu 32 GB LPDDR5-6400 secara permanen (on-board). Kapasitas ini tentu sudah lebih dari cukup sehingga Anda tidak perlu repot melakukan upgrade lagi.

Kombinasi ini dapat mendukung produktivitas menjadi lebih meningkat. Dukungan eksklusif software Studio Driver yang mencakup Nvidia Broadcast, Nvidia Canvas, dan Nvidia Omniverse hadirkan pengalaman baru bagi para konten kreator untuk membantu mewujudkan ide kreatif dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Storage-nya menggunakan SSD generasi terbaru dengan jalur PCIe Gen 4.0 x4 yang memiliki kapasitas 1 GB. Performanya kencang karena berdasarkan CrystalDisk Mark, kecepatan bacanya bisa mencapai 7000-an MB/s serta kecepatan tulis mencapai 5000-an MB/s. Namun demikian, desain SSD-nya tidak dilengkapi dengan heatspreader atau pendingin tambahan sehingga di kondisi tertentu suhunya terbilang tinggi. Sayangnya Acer hanya menyediakan satu slot SSD saja. Jadi jika ingin menambah kapasitas, pengguna mesti mengganti SSD tersebut dengan kapasitas yang lebih besar.

Acer Swift X 14 AI hadir dengan layar 14,5 inci beresolusi OLED 2,8K (2880 x 1800), rasio 16:10 dan dukungan color gamut 100% DCI-P3. Dengan screen body ratio hingga 90% dan dukungan refresh rate 120Hz yang membuat transisi gambar lebih halus, serta tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar di Swift X 14 AI juga sudah tersertifikasi oleh Calman dengan tingkat akurasi DeltaE

Selain spesifikasi ciamik, layarnya juga sudah diverifikasi oleh Calman dengan tingkat akurasi DeltaE <2 yang menampilkan warna akurat seperti objek aslinya.

Sertifikasi Calman menjamin bahwa layar di laptop ini sudah dikalibrasi dari pabrik untuk memenuhi standar warna menurut ketentuan internasional. Tingkat akurasi DeltaE

Pengguna juga diberikan opsi untuk memilih color profile yang sesuai dengan kebutuhan yang sedang anda lakukan via aplikasi AcerSense. Adapun color profile yang tersedia meliputi DCI-P3, AdobeRGB, sRGB, Rec.709, Native ataupun standard. Dengan sertifikasi EyeSafe 2.0, layar Acer Swift X 14 AI ini juga akan tetap nyaman di mata meski digunakan dalam jangka waktu yang lama, terutama untuk para konten kreator.

Guna menunjang fleksibilitas penggunanya, engsel layar bisa dibuka sampai kemiringan hingga sekitar 130 derajat. Sisi kiri dan kanan bezel layar dibuat tipis sementara sisi atas lebih tebal karena terdapat webcam, mikrofon, dan beberapa sensor pendukung.