Find Us On Social Media :

Microsoft Hadirkan Bot AI Copilot di Telegram, Bisa Diajak Curhat

By Adam Rizal, Minggu, 2 Juni 2024 | 11:30 WIB

Rekomendasi Lima Bot Berbasis AI di Aplikasi Telegram.

Microsoft menambahkan bot AI Copilot ke aplikasi Telegram yang memungkinkan pengguna mencari, mengajukan pertanyaan, dan berkomunikasi dengan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Saat ini Copilot untuk Telegram tersedia dalam tahap beta tetapi dapat diakses secara gratis oleh pengguna Telegram di perangkat seluler maupun desktop. Pengguna dapat berinteraksi dengan Copilot di Telegram layaknya percakapan biasa di aplikasi pesan.

Copilot untuk Telegram adalah bot resmi dari Microsoft, yang dapat dikenali dengan tanda centang dan nama pengguna @CopilotOfficialBot. Untuk menggunakan Copilot di Telegram, Anda harus mencari Copilot Bot terlebih dahulu dan membagikan nomor telepon Telegram kepada Microsoft seperti dikutip The Verge.

Sayangnya, AI Copilot untuk Telegram memiliki beberapa kekurangan seperti hanya mendukung permintaan teks dan tidak dapat menghasilkan gambar. Bot ini dapat mencari informasi di internet. Microsoft menjelaskan bahwa AI Copilot untuk Telegram bisa memberikan rekomendasi film, menciptakan rutinitas latihan baru, membantu tugas pengkodean, menerjemahkan percakapan, dan menemukan fakta singkat di internet. Ada batas harian sebanyak 30 giliran, yang berarti pengguna dan Copilot hanya dapat melakukan 30 pertukaran percakapan setiap hari.

Fitur-fitur Baru

Telegram mengumumkan serangkaian fitur terbaru yang membantu para pengguna dalam mengelola akun bisnis dengan lebih baik. Fitur-fitur itu menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan di platform Telegram.

Berikut adalah 7 fitur utama yang ditawarkan oleh Telegram untuk akun bisnis seperti dikutip Phone Arena:

1. Penyediaan jam operasional dan lokasi:

Bisnis dapat menampilkan jam operasional dan lokasi mereka di peta, mempermudah pelanggan untuk mengetahui kapan bisnis tersebut buka atau tutup.

2. Halaman awal kustom:

Bisnis dapat menyesuaikan halaman awal obrolan dengan informasi relevan tentang produk dan layanan mereka, menciptakan pengalaman yang lebih personal untuk pelanggan.

3. Balasan cepat:

Telegram Bisnis memungkinkan pembuatan balasan cepat, memungkinkan bisnis untuk dengan cepat memberikan informasi yang sering diminta oleh pelanggan.

4. Pesan sambutan dan pesan ketidakhadiran:

Bisnis dapat mengatur pesan sambutan untuk pelanggan yang pertama kali menghubungi mereka, serta pesan ketidakhadiran untuk memberi tahu pelanggan saat bisnis tutup atau dalam masa liburan.

5. Tag untuk obrolan:

Telegram Bisnis memungkinkan penambahan label berwarna pada obrolan, memudahkan bisnis untuk membedakan pelanggan berdasarkan status atau kebutuhan mereka.

6. Tautan ke obrolan:

Bisnis dapat membuat tautan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan mereka di luar Telegram, seperti pada situs web atau media sosial.

7. Bot obrolan untuk bisnis:

Pengguna bisnis dapat menghubungkan bot Telegram untuk mengelola obrolan atas nama mereka, meningkatkan efisiensi operasional dengan integrasi alat dan alur kerja yang ada. Dengan peluncuran fitur-fitur ini, Telegram bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan mereka serta menjaga efisiensi operasional di platform yang terus berkembang ini.

Baca Juga: Chatbot AI ChatGPT Edu Bantu Proses Belajar Mengajar Mahasiswa