Find Us On Social Media :

Intel Pamerkan Lunar Lake, Prosesor Canggih untuk Tenagai AI PC

By Rafki Fachrizal, Selasa, 4 Juni 2024 | 13:00 WIB

Pengumuman Intel Lunar Lake di Intel Tech Tour (ITT) Taiwan 2024.

Taipei – Raksasa teknologi Intel resmi memperkenalkan prosesor mobile generasi terbaru mereka, Lunar Lake, dalam acara Intel Technology Tour (ITT) Taiwan yang berlangsung pada 30-31 Mei 2024.

Prosesor teranyar dari Intel ini membawa inovasi besar dalam performa dan efisiensi daya, serta membuka jalan menuju era baru PC berbasis AI (AI PC).

Seperti diketahui, AI PC kini semakin penting seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk mengotomatisasi, menyederhanakan, dan mengoptimasi berbagai tugas di PC.

“Jadi hari ini, saya dengan senang hati secara resmi memperkenalkan Lunar Lake kepada Anda semua. Lunar Lake adalah langkah kami selanjutnya dalam perjalanan untuk memimpin pengalaman AI PC. Jadi, izinkan saya menunjukkan kepada Anda semua chip yang indah ini. Kecil tapi kuat, dan tentu saja sangat kuat,” jelas Michelle Johnston Holthaus, Executive Vice President and General Manager Client Computing Group, Intel.

“Lunar Lake akan memberikan Anda terobosan efisiensi x86 dengan low power island generasi kedua kami dan daya SoC (system on chip) yang lebih rendah hingga 40%. Selain itu, Anda akan mendapatkan performa inti yang luar biasa dengan Lion Cove P-Core dan Skymont E-Core kami yang baru, yang memberikan performa hemat daya yang luar biasa,” tambahnya.

Prosesor Lunar Lake menghadirkan peningkatan signifikan dalam performa AI, di mana memiliki hingga 120 TOPS (trillion operations per second) platform, termasuk 48 TOPS dari NPU (neural processing unit) yang didedikasikan​.

Tak hanya itu, Lunar Lake juga menampilkan lompatan besar lainnya dalam hal grafis, yakni 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

“Berdasarkan diskusi kami dengan ratusan developer di seluruh dunia, kami memperkirakan bahwa lebih dari 40% developer akan memilih untuk menjalankan beban kerja mereka di GPU pada tahun 2025. Dan kami terus berinvestasi dalam grafis karena kami tahu kami perlu memberikan pilihan dan fleksibilitas bagi developer dengan menghadirkan CPU modern yang berisi komputasi luar biasa, grafis luar biasa, dan rekayasa luar biasa,” papar Michelle.

Intel Lunar Lake.

Prosesor ini dilengkapi dengan GPU baru berbasis arsitektur Xe2, yang menawarkan hingga 60 TOPS untuk kinerja AI, menjadikan total kinerja AI prosesor ini melebihi 100 TOPS​​.

Selain itu, Lunar Lake turut menyertakan inti baru Lion Cove untuk performa dan Skymont untuk efisiensi, yang keduanya menawarkan peningkatan kinerja signifikan dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Lunar Lake sendiri dirancang untuk memberikan kinerja AI yang luar biasa, tiga kali lipat dari prosesor generasi sebelumnya.

Peningkatan ini diharapkan dapat mendukung berbagai aplikasi AI yang lebih efisien dan responsif, termasuk fitur-fitur seperti Microsoft Copilot+ PC yang akan berjalan secara lokal di AI PC​.