Find Us On Social Media :

Implementasikan AI dan AR, Traffic Situs Wardah Melonjak 134%

By Rafki Fachrizal, Jumat, 7 Juni 2024 | 12:15 WIB

Ilustrasi Penerapan Solusi AI Besutan Perfect Corp. di Brand Kecantikan.

Penerapan teknologi AI (artificial intelligence) di industri kecantikan tercatat terus mengalami peningkatan.

Menurut laporan InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai USD13,34 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 19,7 persen dari 2021 ke 2030.

Sama seperti industri lainnya, industri kecantikan juga lekat dengan inovasi. Karena itu, pemanfaatan AI sudah merupakan sebuah keharusan untuk mengakselerasi inovasi.

Para pelaku industri kecantikan di Indonesia tak ketinggalan mulai melakukannya. Salah satu yang menjadi pelopor adalah Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website mereka selama beberapa tahun terakhir.

Kemitraan keduanya bermula pada saat pandemi COVID-19. Lewat kemitraan ini, Wardah ingin meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya, sebagai cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu.

Karena adanya pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan, konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring.

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah.

Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual.

Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan traffic (lalu lintas) situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Wardah melihat bahwa fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand. Pengalaman berbelanja yang berbeda dan sangat personal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya.

Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah.

Melihat hal ini, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka.

Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut.