Find Us On Social Media :

Dell & Nvidia Percepat Adopsi AI di Data Center, Edge, dan Desktop

By Liana Threestayanti, Rabu, 5 Juni 2024 | 21:26 WIB

Memudahkan berbagai organisasi mengimplementasikan dan berinovasi dengan AI, Dell dan Nvidia menghadirkan Dell AI Factory.

Memudahkan berbagai organisasi mengimplementasikan dan berinovasi dengan artificial intelligence (AI), Dell Technologies menggandeng Nvidia untuk menghadirkan Dell AI Factory.

Penawaran terbaru yang diumumkan di ajang Dell Technologies World 2024 itu mencakup pembaruan server, edge, workstation, solusi dan  layanan baru. 

Michael Dell, pendiri dan CEO Dell Technologies, menjelaskan bahwa strategi pengembangan Dell AI Factory bersama Nvidia bertujuan memudahkan penerapan AI yang pada gilirannya akan mendukung kemajuan ke arah revolusi teknologi baru.

Menegaskan pentingnya kolaborasi kedua perusahaan, Jensen Huang, pendiri dan CEO, Nvidia, menjelaskan bahwa Dell AI Factory menghadirkan solusi full-stack untuk berbagai  industri di dunia.

Dell AI Factory menggabungkan portofolio Dell yang luas, yaitu komputasi, penyimpanan, jaringan, workstation, dan laptop dengan infrastruktur dan software AI canggih dari Nvidia. Integrasi ini mencakup suite perangkat lunak AI Enterprise dari Nvidia dan fabric jaringan Nvidia Spectrum-X,  yang didukung oleh GPU Nvidia Tensor Core, dan  DPU Nvidia Bluefield untuk memastikan infrastruktur AI yang kokoh dan tanpa gangguan.

Pelanggan dapat membeli kemampuan-kemampuan terintegrasi sesuai kebutuhan mereka, atau solusi full-stack yang telah tervalidasi untuk mendukung contoh-contoh kasus AI yang memerlukan percepatan kinerja, seperti  RAG, pelatihan model, dan inferensi. 

Apa yang saja yang ditawarkan Dell AI Factory dengan Nvidia? 

Untuk membantu perusahaan menerapkan AI berskala besar, Dell meluncurkan server PowerEdge XE9680L dengan form factor 4U dan mengusung 8 GPU Nvidia Blackwell. Server yang membekal teknologi direct liquid cooling (DLC) ini digadang-gadang menawarkan densitas GPU 33% lebih banyak per node, slot PCIe Gen. 5 20% lebih banyak, dan kapasitas jaringan North/South dua kali lipat.

Dell juga menyediakan solusi siap pakai (turnkey) rack-scale yang tersedia dalam pilihan 64 GPU dalam satu rak tunggal dengan air cooling, dan 72 GPU Nvidia Blackwell dalam satu rak dengan liquid cooling. 

Bagi perusahaan yang ingin menerapkan AI di edge, Dell menyediakan Dell NativeEdge, mesin orkestrasi edge yang mengotomatisasi distribusi software Nvidia AI Enterprise. Solusi ini disebut Dell akan memudahkan pengembang aplikasi dan operator TI menerapkan aplikasi dan solusi AI di edge. 

Dell AI Factory dengan Nvidia juga menyediakan solusi yang akan memudahkan dan mempercepat pengembangan dan penyebaran aplikasi AI, yaitu melalui solusi AI generatif untuk kemudahan implementasi asisten digital.

Ada pula Dell Accelerator Services for RAG pada workstation AI Dell Precision yang bertujuan mempersingkat siklus pengembangan AI dan mempercepat pembuatan aplikasi AI dengan kinerja yang lebih baik. Workstation ini juga dibekali Nvidia AI Workbench, platform pengembangan aplikasi tempat para pengembang melakukan eksperimen, tes, membuat prototipe proyek-proyek AI serta machine learning dalam lingkungan yang lebih aman.