Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Prosesor Lunar Lake di Ajang Computex 2024

By Rafki Fachrizal, Kamis, 6 Juni 2024 | 14:15 WIB

Pat Gelsinger, CEO Intel saat Mengumumkan Peluncuran Intel Lunar Lake di Computex 2024.

Taipei - Di ajang Computex 2024, Pat Gelsinger (CEO Intel) dalam keynote speech-nya mengatakan bahwa tren PC berbasis AI atau disebut AI PC akan terus berlanjut.

“Sekarang, AI PC diharapkan mengalami momen revolusioner seperti yang terjadi dengan Centrino. Diprediksi bahwa pada tahun 2028, 80% dari semua PC akan menjadi PC AI,” tutur Pat.

Ia pun percaya diri bahwa Intel sudah berada di garis depan dalam mengembangkan AI PC melalui peluncuran Intel Core Ultra, yang kini telah mendukung lebih dari 300 aplikasi dan 500 model AI.

“Sejak Desember tahun lalu, lebih dari 8 juta perangkat Intel Core Ultra telah dikirimkan, dan Intel terus bekerja dengan seluruh ekosistem untuk membawa kemampuan AI ke pasaran,” jelas Pat.

Untuk melanjutkan tren AI PC, Intel memperkenalkan arsitektur prosesor Intel Core Ultra terbaru yaitu Lunar Lake.

Dirancang khusus untuk perangkat mobile, Lunar Lake menjanjikan banyak peningkatan dibandingkan prosesor Intel sebelumnya dalam hal performa CPU, GPU, dan NPU, sekaligus mampu mengurangi konsumsi energi.

Berbeda dengan pendahulunya, Meteor Lake, prosesor teranyar Intel ini memiliki fokus khusus pada peningkatan performa dalam menangani tugas berbasis AI (artificial intelligence).

Prosesor ini terdiri dari tujuh komponen utama, memanfaatkan teknologi interkoneksi Intel Foveros untuk menggabungkan komputasi dan chip pengontrol platform.

Lunar Lake menggunakan proses manufaktur mutakhir dari TSMC, dengan chip komputasi utama yang diproduksi menggunakan fabrikasi node 3 nm dan chip pengontrol platform menggunakan fabrikasi node 6 nm.

Peningkatan besar dibandingkan prosesor mobile Intel sebelumnya yakni pada aspek Memory on Package, RAM yang terintegrasi langsung dengan prosesor.

Lunar Lake tersedia dalam dua opsi RAM LPDDR5X, yakni dengan ukuran 16 GB atau 32 GB yang memiliki kecepatan hingga 8,5 GT/s. Sayangnya, kapasitas RAM ini tidak dapat ditingkatkan lagi.

Intel Lunar Lake.

Arsitektur CPU Lunar Lake memiliki fitur hybrid core dengan kombinasi 4 Lion Cove P-core dan 4 Skymont E-core, yang menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi.