Find Us On Social Media :

Ini Kunci Schneider Electric Kembali Raih Penghargaan dari HR Asia

By Rafki Fachrizal, Kamis, 13 Juni 2024 | 19:30 WIB

Schneider Electric, perusahaan pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, kembali memperoleh penghargaan ‘Best Companies to Work For in Asia 2024’ dari HR Asia.

Tahun lalu, Schneider Electric meraih penghargaan yang sama untuk pertama kalinya. Penghargaan ini menjadi pembuktian atas komitmen dan kepemimpinan perusahaan dalam keragaman (diversity), kesetaraan (equity), inklusivitas (inclusion), pengembangan dan perhatian kepada karyawan sekaligus inisiator praktik keberlanjutan.

Hal ini terbukti dari hasil survei karyawan Schneider Electric yang memperoleh skor tertinggi dalam kelima aspek tersebut, jauh di atas rata-rata industri secara keseluruhan. 

Donald Situmorang, Digital Sales Director Schneider Electric Indonesia, mewakili Schneider Electric Indonesia untuk menerima penghargaan tersebut, menyampaikan bahwa Schneider Electric terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang membantu setiap karyawan untuk mengubah ambisi menjadi aksi.

“Dengan mengusung nilai-nilai “IMPACT starts with us” (membawa dampak dimulai dari kita), perusahaan membangun kepemimpinan melalui inklusivitas, pengembangan dan perhatian terhadap karyawan, sekaligus menjadi inisiator dalam praktik-praktik keberlanjutan,” jelas Donald.

“Kami memastikan setiap karyawan untuk mendapatkan kesempatan yang setara, menghargai keunikan setiap individu, dan mendorong mereka untuk mengeluarkan potensi terbaiknya,” tambahnya.

Untuk memenangkan dan mempertahankan talenta terbaiknya, Schneider Electric memiliki berbagai kebijakan dan program yang memberdayakan karyawan untuk menyeimbangkan karier dan kehidupan pribadinya guna tercapainya potensi terbaik setiap individu.

Kebijakan seperti “Global Family Leave” menyediakan cuti melahirkan selama 20 minggu untuk karyawan perempuan, dan cuti paternity selama 4 minggu untuk karyawan laki-laki.

Perusahaan juga turut menyediakan cuti care leave selama 10 hari untuk merawat anggota keluarga yang sakit.

Komitmen perusahaan terhadap inklusivitas dan pemberdayaan perempuan juga tercermin pada jumlah karyawan wanita yang bekerja di jajaran kepemimpinan.

Sejak tahun 2020, jumlah pemimpin wanita kian meningkat dari 21% hingga hampir menyentuh angka 40% pada akhir 2023.

Hal ini juga turut diimbangi oleh persentase tingkat engagement karyawan wanita dari seluruh Indonesia yang mencatatkan nilai tertingginya di angka 95% pada tahun 2023.

Salah satu program yang menunjang pencapaian tersebut adalah melalui komunitas “Women in Schneider Electric”, sebuah wadah internal untuk saling bertukar pengalaman, inspirasi, belajar serta mendiskusikan berbagai isu yang tengah menjadi perhatian mulai dari karier, Kesehatan mental, role model, wellbeing, hingga keseimbangan kerja.