Find Us On Social Media :

Review Sharp AQUOS R8s Pro: Tanpa Gimmick, Performa dan Kamera Mantap

By Dayu Akbar, Selasa, 18 Juni 2024 | 16:15 WIB

Sharp AQUOS R8s Pro

Kehadiran Sharp AQUOS R8s Pro di tanah air cukup menarik untuk disimak. Selain karena lebih dikenal sebagai brand perangkat elektronik rumah tangga, kehadiran smartphone keluaran mereka memang terasa kurang gaungnya dibanding kompetitor.

Meski demikian Sharp tetap pede karena produknya ini memiliki keunggulan khas ala produk buatan negeri sakura yang terkenal bandel dan berkualitas. Dan salah satu produk andalan yang hadir di Indonesia yaitu Sharp AQUOS R8s Pro.

Diantara alasan Sharp memboyong seri ini adalah karena kesuksesan di negara asalnya. Oleh karena itu, Sharp AQUOS R8s series yang hadir di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama persis dengan versi yang meluncur di Jepang. Sharp AQUOS R8s Pro hadir sebagai flagship yang membawa beberapa fitur kelas atas.

Desain

AQUOS R8s Pro ini hadir dengan desain yang sederhana tanpa aksen yang lebih mewah seperti kaca layaknya smartphone flagship mainstream yang ada di pasaran saat ini. Namun menurut kami desain inilah yang membuatnya mudah dikenali karena berbeda dengan smartphone lain. Dan dari bagian belakangnya terlihat sekali bahwa smartphone ini unggulkan sektor kamera.

Meski mahal, bagian belakangnya tampil sederhana dan hanya menggunakan lapisan polikarbonat meski frame-nya kuat karena menggunakan material metal.

Modul kamera utamanya berada di tengah bulatan besar. Posisi ini sengaja ditempatkan Sharp dengan alasan agar memudahkan pengguna untuk memotret sejajar dengan sudut pandang. Selain kamera utama, di sebelahnya terdapat pula lensa depth dengan resolusi 2 MP serta lampu flash. Sementara area sekelilingnya menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing matte yang membuatnya tidak mudah kotor atau berkilau saat terkena pantulan cahaya. Ini juga yang membuatnya tidak mudah slip saat digenggam atau kotor oleh bercak jari atau tangan.

Sementara warna yang tersedia hanya satu yaitu hitam. Dipadu dengan frame metal membuatnya terasa kokoh dan solid. Dimensinya memiliki ketebalan 9,33 mm dan bobot 210 gram. Tidak ketinggalan sudah bersertifikat IP68 waterproof yang anti terhadap debu dan air, bahkan dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.  

Penempatan tombol fisik Power dan Volume cukup standar yang saling bersebelahan di sisi kanan. Sementara sisi kiri terdapat slot kartu yang memungkinkan Anda memasang hingga dua kartu SIM dan kartu microSD. Untuk sisi bawah terdapat audio jack, mikrofon, port USB type-C, serta speaker.

Sharp menggunakan tray yang hanya bisa menampung satu SIM dan khusus kartu micro SD ditempatkan terpisah dengan memasukkan ke slot di bagian dalam.

Dan yang jarang disertakan pada flagship adalah jack audio 3.5mm yang ditempatkan di sisi atas. Disebelahnya ada slot kartu SIM dengan menyertakan kompartemen yang bisa digunakan sampai dua karto nano SIM, sementara kartu microSD ditempatkan dalam slot terpisah yang ada di bagian dalam smartphone. Sisi bawahnya sederhana, hanya ada port USB type-C dan grill speaker yang sudah stereo.

Layar