Find Us On Social Media :

vivo Luncurkan Smartphone Seri X100 dan X Fold3 Pro, Ini Keunggulannya

By Cakrawala Gintings, Sabtu, 22 Juni 2024 | 09:00 WIB

vivo Indonesia meluncurkan smartphone seri X terbaru, yakni X100 Pro, X100, dan X Fold3 Pro, di tanah air yang menawarkan sejumlah keunggulan. (ki-ka) Alexa Tiara (Public Relations Manager vivo Indonesia), Joko Anwar (X Figures), Raline Shah (X Figures), dan Hadie Mandala (Product Manager vivo Indonesia) berfoto bersama pada pelucuran vivo X100 Pro, vivo X100, dan vivo X Fold3 Pro di Jakarta beberapa waktu lalu.

vivo Indonesia belum lama ini meluncurkan sejumlah smartphone flagship terbarunya di tanah air. Bertempat di Jakarta, vivo meluncurkan seri X terbaru, yakni X100 Pro, X100, dan X Fold3 Pro. vivo X100 Pro adalah flagship untuk smartphone dengan form factor konvensional, sedangkan vivo X Fold3 Pro merupakan flagship untuk smartphone lipat. vivo X100 sendiri adalah varian yang lebih “ringan” dari vivo X100 Pro. Mengunggulkan aneka fitur seperti fitur-fitur fotografi yang dikembangkan bersama ZEISS, seri X100 dan X Fold3 Pro diharapkan vivo bisa menjawab keinginan masyarakat Indonesia akan smartphone premium berteknologi inovatif sekaligus menegaskan komitmennya untuk itu.

“Dalam berinovasi, vivo senantiasa memahami kebutuhan pengguna sehingga kami dapat menghadirkan teknologi terbaru dengan tetap memberikan pengalaman teknologi yang praktikal dan mudah dipahami. Guna memenuhi komitmen tersebut, kami dengan bangga mengumumkan bahwa vivo X Series merupakan mitra resmi smartphone untuk perhelatan UEFA EURO 2024,” jelas Alexa Tiara (Public Relations Manager vivo Indonesia). “Hari ini kami memperkenalkan the legendary ZEISS apochromatic lens dalam vivo X100 Series yang mampu menangkap warna-warna cerah dan detail yang rumit, bahkan dalam pencahayaan yang menantang … and finally kami persembahkan the foldable smartphone with ultralight and ultrasleek design, vivo X Fold3 Pro.”

Ada banyak sekali keindahan alam yang dapat kita temukan di Indonesia, termasuk keindahan foto sunset dan juga sunrise. Momen yang sangat indah, tapi sulit untuk diabadikan. Lalu mengapa itu menjadi sulit? Pertama adalah jarak objek yang jauh. Dan yang kedua adalah cahaya berlebih serta sinar yang kompleks. Lalu bagaimana cara kami mengatasinya? vivo X100 Series memiliki kualitas kamera HD zoom serta kemampuan ZEISS T* coating yang mampu mengurangi reflektivitas cahaya berlebih dan tentunya didukung oleh software terbaik. Hal ini tentunya tercipta berkat vivo ZEISS legendary imaging system sehingga terciptalah Telephoto Sunshot,” papar Hadie Mandala (Product Manager vivo Indonesia).

vivo X100 Pro

vivo X100 Pro.

Seperti generasi sebelumnya, vivo seri X100 memang mengunggulkan kamera belakang. vivo X100 Pro hadir dengan susunan kamera belakang berupa kamera utama 50 MP, kamera ultralebar 50 MP, dan kamera telefoto 50 MP. Kamera utama menggunakan sensor sekitar 1 inci (1/0,98 inci) dan dilengkapi dengan OIS, kamera ultralebar memakai sensor 1/2,76 inci, serta kamera telefoto memanfatkan 1/2 inci dan dilengkapi dengan OIS. Namun, untuk kamera telefoto, area pencitraan sebenarnya adalah 1/2,51 inci.

Adapun yang menggunakan ZEISS APO (apochromatic) lens adalah kamera telefoto. Kamera telefoto vivo X100 Pro pun tak hanya memakai lensa ZEISS APO, melainkan juga desain elemen-elemen yang melayang sehingga disebut dengan ZEISS APO Floating Telephoto Camera. Kamera telefoto ini pula yang membantu dalam “mendekatkan” jarak yang jauh dari matahari saat mengambil foto sunset maupun sunrise. Kamera telefoto vivo X100 Pro memiliki jarak fokal setara 100 mm dan memberikan zoom sekitar 4,3 kali dibandingkan kamera utama.

vivo X100 Pro hadir dengan susunan kamera belakang berupa kamera utama 50 MP, kamera ultralebar 50 MP, dan kamera telefoto 50 MP. Kamera telefoto (kanan) vivo X100 Pro disebut pula dengan ZEISS APO Floating Telephoto Camera berkat teknologi yang dipakainya.

Seperti telah disebutkan, vivo X100 Pro memiliki fitur Telephoto Sunshot yang bisa membantu pengguna mengambil foto sunset maupun sunrise dengan lebih baik. Selain itu, fitur fotografi lain yang dikedepankan vivo pada X100 Pro adalah ZEISS Multifocal Portrait. Sejalan namanya, fitur ini bisa menyimulasikan potret menyerupai potret dengan lensa berjarak fokal yang populer untuk potret yakni 24 mm, 35 mm, 50 mm, 85 mm, dan 100 mm. Ada juga fitur 4K Cinematic Portrait Video yang diklaim membolehkan pengguna menghasilkan video yang menyerupai film layar lebar, misalnya dengan aspect ratio 2.39:1 dan portrait beautification. Terdapat juga lima template dan aneka efek sinematik.

Menenagai vivo X100 Pro adalah SoC MediaTek Dimensity 9300 yang ditemani oleh memori utama LPDDR5X 16 GB, media simpan UFS 4.0 512 GB, dan baterai BlueVolt setara 5.400 mAh. Adapun layar yang dipakai adalah AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 2.800 x 1.260 piksel dan refresh rate hingga 120 Hz. Pengisian energi baterainya, vivo X100 Pro mendukung pengecasan cepat 100W Flash Charge. Hadir dengan warna Asteroid Black, sistem operasi yang digunakan vivo X100 Pro adalah Android 14 dengan FuntouchOS 14. Sementara kamera depan, smartphone IP68 baru vivo ini menyematkan kamera depan 32 MP.

vivo X100

vivo X100.

Mirip dengan vivo X100 Pro, susunan kamera belakang vivo X100 berupa kamera utama 50 MP, kamera ultralebar 50 MP, dan kamera telefoto 64 MP. Namun, setidaknya kamera utama dan kamera telefoto vivo X100 berbeda dengan vivo X100 Pro. Kamera utama vivo X100 memakai sensor 1/1,49 inci, area pencitraan sebenarnya sebesar 1/1,56 inci, dan dilengkapi dengan OIS; sedangkan kamera telefotonya yang disebut ZEISS Telephoto Camera memanfaatkan sensor 1/2 inci dan dilengkapi dengan OIS. Kamera telefoto vivo X100 pun memiliki jarak fokal setara 70 mm dan memberikan zoom sekitar 3 kali dibandingkan kamera utama. Sementara kamera depannya, vivo X100 datang dengan kamera depan 32 MP.