Find Us On Social Media :

Ini Ciri-ciri Smartphone Anda Kena Hack dan Cara Mengatasinya

By Rafki Fachrizal, Minggu, 23 Juni 2024 | 16:45 WIB

Ilustrasi Smartphone Kena Hack.

Semua orang kini bergantung dengan smartphone untuk mendukung aktivitas sehari-harinya.

Mulai dari berkomunikasi via aplikasi chat, mengecek pekerjaan kantor, berbelanja online, hingga mendapatkan hiburan seperti menonton film atau bermain game bisa dilakukan lewat smartphone.

Beragam informasi pribadi dan data penting kita faktanya juga tersimpan di dalam perangkat yang sering kita genggam ini.

Maka tak heran, smartphone menjadi incaran para hacker (peretas) untuk melakukan aksi kejahatan siber.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky mendeteksi peningkatan serangan siber terhadap pengguna smartphone yang sepanjang 2023 mencapai 33.790.599 serangan.

Angka tersebut naik hingga 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 22.255.956 serangan sepanjang 2022.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna smartphone untuk memahami ciri-ciri smartphone yang kena hack dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasinya.

Ciri-Ciri Smartphone Di-hack

1. Performa Smartphone Menurun

Smartphone yang kena hack biasanya akan terasa lebih lambat, lag, dan sering mengalami error. Hal ini disebabkan oleh malware atau aplikasi berbahaya yang berjalan di latar belakang.

2. Baterai Cepat Habis Baterai smartphone yang biasanya tahan lama, tiba-tiba menjadi cepat habis. Hal ini menandakan adanya aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai secara diam-diam.

3. Kuota Internet Jadi Boros

Pemakaian kuota internet yang tiba-tiba melonjak drastis tanpa alasan yang jelas. Kemungkinan besar, data internet Anda dicuri oleh malware untuk aktivitas berbahaya.