Find Us On Social Media :

Bantu Perusahaan Kembangkan AI, Cloudera Rilis 3 Asisten AI Terbaru

By Liana Threestayanti, Jumat, 28 Juni 2024 | 13:15 WIB

Cloudera meluncurkan tiga asisten AI yang akan membantu pelanggan mempercepat pengembangan data, analitik, dan aplikasi bisnis AI.

Cloudera meluncurkan tiga asisten artificial intelligence (AI) yang akan membantu pelanggan mempercepat pengembangan data, analitik dan aplikasi bisnis AI. Tiga asisten AI ini juga memungkinkan pelanggan memperoleh lebih banyak analisis data yang bernilai besar.

Teknologi generative AI (GenAI) atau AI generatif kian populer dan banyak diadopsi karena potensinya. Menurut Gartner, hingga 2026, GenAI akan mengurangi biaya pengelolaan data intensif secara manual hingga 20% setiap tahunnya, sekaligus menghadirkan kasus penggunaan baru empat kali lipat.

Namun banyak perusahaan masih menghadapi kesulitan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan data, analitik, serta aplikasi bisnis AI dengan cepat. Tantangan lain yang dihadapi perusahaan adalah menerjemahkan potensi AI menjadi dampak bisnis yang nyata dan terukur. 

Cloudera menghadirkan asisten AI terbaru ini untuk menjawab tantangan tersebut. Asisten AI Cloudera memungkinkan perusahaan dengan cepat mengakses dan menggunakan data yang tepercaya, analitik, dan aplikasi AI. 

Di sisi lain, kehadiran asisten ini juga diharapkan Cloudera memperluas kemampuan karyawan dalam menggunakan alat-alat AI tersebut. Akan ada lebih banyak orang dalam perusahaan yang bisa memanfaatkan insights berbasis data dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Pada gilirannya, perusahaan dapat mendorong inisiatif AI ke seluruh bagian organisasi dengan lebih cepat dan meningkatkan penggunaan AI di berbagai level karyawan.

Tiga asisten AI terbaru Cloudera itu adalah:

1. Asisten SQL AI

Asisten AI ini dikembangkan mengatasi kesulitan penulisan query SQL yang kompleks. Dengan asisten SQL AI, pengguna dari berbagai bagian di perusahaan, termasuk yang  tidak berpengalaman dengan SQL, bisa menjadi lebih mahir menggunakan SQL. 

Pengguna hanya perlu menjelaskan kebutuhan mereka dalam bahasa yang sederhana, dan Asisten SQL AI akan menggunakan teknik mutakhir seperti prompt engineering dan retrieval augmented generation (RAG) untuk menemukan data yang relevan. Asisten ini kemudian akan menulis dan mengoptimalkan query SQL yang diperlukan dan menjelaskannya kembali dengan istilah yang mudah dimengerti.

Dengan demikian, Asisten SQL AI menghilangkan kesulitan yang biasanya terkait dengan sintaksis SQL, sehingga perusahaan dapat lebih fokus pada hal yang penting, yaitu mendapatkan insights yang berharga dari data.

2. AI Chatbot dalam Cloudera Data Visualization

AI Chatbot ini dirancang untuk berinteraksi langsung dengan data perusahaan dan menyediakan insight bisnis yang lebih kontekstual dan lebih baik daripada yang biasanya ditampilkan oleh dashboard Business Intelligence (BI) konvensional.