Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT, Amazon Bakal Kenalkan Chatbot AI Terbaru Metis

By Adam Rizal, Rabu, 3 Juli 2024 | 09:30 WIB

Tantang ChatGPT, Amazon Bakal Kenalkan chatbot AI Terbaru 'Metis'

Amazon akan meluncurkan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan  terbaru bernama 'Metis' untuk mampu bersaing dengan OpenAI sekaligus memperkuat posisinya di pasar teknologi yang semakin kompetitif, terutama di bidang  AI.Chatbot AI itu menggunakan model AI terbaru Olympus. Metis dirancang dengan pendekatan retrieval-augmented generation (RAG) yang memungkinkan sistem mengambil informasi relevan dari sumber pengetahuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pendekatan Amazon itu akan memberikan kontrol lebih besar kepada organisasi atas respons teks yang dihasilkan. Sedangkan, pengguna mendapatkan wawasan tentang proses generasi respons oleh AI. Pendekatan RAG memungkinkan sistem dapat mengakses data aktual dari sumber seperti API dan repositori dokumen tanpa perlu melatih ulang model secara keseluruhan. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan respons yang lebih akurat dan jelas seperti dikutip Engadget.

Andy Jassy (CEO Amazon) dan Rohit Prasad (Kepala Ilmuwan Tim AGI dan Wakil Presiden Senior) terlibat langsung dalam pengembangan Metis. Tim ini mencakup sejumlah pekerja veteran dari divisi Alexa AI, yang mengadaptasi teknologi yang dikembangkan untuk asisten suara "Remarkable Alexa" yang akan datang.

Amazon berencana merilis Metis pada bulan September, yang sejalan dengan acara peluncuran produk rutin perusahaan. Namun, beberapa pihak menunjukkan kekhawatiran apakah langkah ini sudah terlambat mengingat persaingan ketat dari pemain lain seperti OpenAI dengan ChatGPT dan Google dengan Bard (Gemini). Meskipun Titan dari Amazon sebelumnya belum mencapai kesuksesan yang sama, Amazon terus berusaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan inovasi model seperti yang berfokus pada bisnis, Q.

OpenAI pertama kali meluncurkan ChatGPT pada akhir November 2022, dan Google meluncurkan Bard (sekarang dikenal sebagai Gemini) pada Maret 2023 — untuk menyebutkan dua pemain besar yang akan dihadapi Amazon.

Melengkapi Amazon Q

Amazon Web Services, Inc mengumumkan ketersediaan umum Amazon Q, asisten kecerdasan buatan (AI) generatif yang paling canggih untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak dan memanfaatkan data internal perusahaan. 

Amazon Q tidak hanya menghasilkan kode yang sangat akurat, tetapi juga menguji, men-debug, dan memiliki kemampuan perencanaan dan penalaran multi-langkah yang dapat mengubah (misalnya, melakukan peningkatan versi java) dan menerapkan kode baru yang dihasilkan dari permintaan pengembang. 

Amazon Q juga memudahkan karyawan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan seputar data bisnis seperti kebijakan perusahaan, informasi produk, hasil bisnis, basis kode, karyawan, dan banyak topik lainnya dengan menghubungkan ke repositori data perusahaan untuk merangkum data secara logis, menganalisis tren, dan berdialog tentang data tersebut.

Hari ini, AWS juga memperkenalkan Amazon Q Apps, kemampuan baru dan kuat yang memungkinkan karyawan membangun aplikasi AI generatif dari data perusahaan mereka. Karyawan hanya perlu menggambarkan jenis aplikasi yang mereka inginkan, dalam bahasa alami, dan Q Apps akan dengan cepat menghasilkan aplikasi yang menyelesaikan tugas yang diinginkan, membantu mereka menyederhanakan dan mengotomatiskan pekerjaan sehari-hari dengan mudah dan efisiensi. 

“Amazon Q adalah asisten bertenaga kecerdasan buatan (AI) generatif tercanggih yang tersedia saat ini. Dengan akurasi terdepan di industri, kemampuan agen yang canggih, dan keamanan terbaik di kelasnya, Amazon Q membantu developer menjadi lebih produktif dan pengguna bisnis untuk mempercepat pengambilan keputusan,” kata Dr. Swami Sivasubramanian, Wakil Presiden Kecerdasan Buatan dan Data di AWS. 

“Sejak kami mengumumkan layanan ini di re:Invent, kami kagum dengan peningkatan produktivitas yang dialami developer dan pengguna bisnis. Indikasi awal menunjukkan Amazon Q dapat membantu karyawan pelanggan kami menjadi lebih dari 80% lebih produktif dalam pekerjaan mereka; dan dengan fitur baru yang kami rencanakan untuk diperkenalkan di masa depan, kami yakin ini akan terus berkembang," ujarnya.

Amazon Q Developer

Para pengembang saat ini sering mengeluhkan bahwa hanya 30% (atau bahkan kurang) dari waktu mereka dihabiskan untuk coding. Sisanya tersita untuk tugas-tugas berulang yang membosankan. Ini bisa berupa riset praktik terbaik dari berbagai sumber online, mempelajari cara kerja sistem melalui dokumentasi, forum, dan diskusi dengan rekan kerja. 

Pengembang juga harus mengelola infrastruktur dan sumber daya, memecahkan masalah dan memperbaiki kesalahan, serta memahami biaya operasional. Ketika berpindah proyek, mereka perlu meluangkan waktu untuk mempelajari basis kode yang ada untuk memahami logika pemrogramannya. 

Selain itu, ada banyak pekerjaan lain seperti pengujian dan refactoring kode, peningkatan aplikasi, debugging dan optimasi, serta memastikan keamanan dengan melakukan pemindaian kerentanan dan menerapkan perbaikan keamanan yang tepat pada waktunya. Perusahaan ingin memberdayakan pengembang mereka untuk menghabiskan lebih sedikit waktu pada pekerjaan “kotor” ini dan lebih banyak waktu untuk menciptakan pengalaman unik bagi pengguna akhir, sekaligus memungkinkan penerapan yang lebih cepat.

Q membantu developer dan profesional IT dalam semua tugas mereka – mulai dari coding, pengujian, dan peningkatan aplikasi, hingga troubleshooting, pemindaian dan perbaikan keamanan, dan optimalisasi resource AWS. 

Baca Juga: Model AI CriticGPT Mampu Perbaiki Kesalahan Kode Pemrograman