Find Us On Social Media :

Meta Dilarang Melatih Model AI Pakai Data Pribadi Penggunanya

By Adam Rizal, Sabtu, 6 Juli 2024 | 13:30 WIB

Meta AI

Otoritas Perlindungan Data Nasional (ANPD) Brasil melarang Meta melatih model artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatannya menggunakan data pribadi pengguna di Brasil. Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran tentang risiko kerusakan serius dan kesulitan yang bisa dialami pengguna.

Larangan ini muncul setelah pembaruan kebijakan privasi Meta pada Mei lalu, di mana perusahaan tersebut mengizinkan penggunaan data publik dari Facebook, Messenger, dan Instagram di Brasil untuk pelatihan AI, termasuk postingan, gambar, dan keterangan.

"Kebijakan Meta ini dapat menyebabkan kerusakan serius yang tidak dapat diperbaiki atau sulit diperbaiki terhadap hak-hak dasar pengguna Brasil," tulis laporan dari The Associated Press yang dilansir The Verge, ANPD.

Brasil sendiri adalah salah satu pasar terbesar Meta, dengan 102 juta akun Facebook. Pemberitahuan yang diterbitkan pada hari Selasa memberi Meta waktu 5 hari kerja untuk mematuhi perintah tersebut, atau menghadapi denda harian sebesar USD 8.808. Meta merespons bahwa kebijakan privasinya sudah sesuai dengan hukum dan peraturan di Brasil. 

Meta menilai keputusan otoritas Brasil itu sebagai langkah mundur bagi inovasi dan persaingan dalam pengembangan AI, serta menunda manfaat AI untuk masyarakat Brasil.

Walaupun Meta menyatakan bahwa pengguna dapat memilih untuk tidak menggunakan data mereka untuk melatih AI, ANPD menyebutkan bahwa ada hambatan yang berlebihan dan tidak dapat dibenarkan yang menyulitkan pengguna untuk melakukannya.

Meta juga menghadapi penolakan serupa dari regulator di Uni Eropa, yang membuat perusahaan menghentikan sementara rencana untuk melatih model AI-nya menggunakan data dari Facebook dan Instagram di Eropa.

Sementara itu Mark Zuckerberg (Pendiri Meta) mengkritik perusahaan raksasa teknologi lainnya seperti Google dan Apple yang menciptakan alat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan super canggih seperti 'seolah-olah menjadi Tuhan' atau Playing God. Zuckerberg menegaskan pendekatan Meta dalam pengembangan AI sangat berbeda dengan Apple, Google, dan OpenAI mengembangkan alat AI yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna.

"Saya sangat kecewa ketika orang-orang di industri teknologi membangun AI yang sebenarnya. Sepertinya mereka ingin atau berperan seolah-olah menjadi Tuhan atau semacamnya. Dan sepertinya, bukan itu yang kami lakukan," kata Zuckerberg seperti dilansir dari The Sun.

Zuckerberg mengatakan bahwa Meta fokus mengembangkan AI yang membantu orang dalam kehidupan sehari-hari, seperti kacamata Meta dan Ray-Ban yang menampilkan layar mengambang di bidang penglihatan pemakainya. Ia bercita-cita agar produk ini dapat menyertakan tampilan holografik penuh namun tetap terlihat seperti kacamata biasa.

Zuckerberg juga membahas Llama 3, model AI terbaru dari Meta yang "hampir menyamai model terbaik yang ada di luar sana." Pernyataan Zuckerberg ini menimbulkan pertanyaan tentang etika dan tujuan pengembangan AI. Apakah AI memang harus dibatasi untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, atau apakah boleh digunakan untuk tujuan yang lebih ambisius, seperti menciptakan teknologi yang lebih canggih.

Sementara itu Amerika Serikat (AS) menegaskan bahwa semua negara memiliki tanggung jawab dalam menciptakan kerangka perilaku yang bertanggung jawab dalam penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di bidang militer. AS menyoroti pentingnya deklarasi politik yang didukung oleh 54 negara untuk mengatur penggunaan AI secara bertanggung jawab. Hal itu mencakup aturan dasar untuk menjamin akuntabilitas dan perlindungan dalam penggunaan teknologi tersebut.