Find Us On Social Media :

Review POCO F6: Konsisten Tawarkan Performa dan Harga Ekstrem

By Dayu Akbar, Senin, 8 Juli 2024 | 07:05 WIB

POCO F6

Istilah flagship killer kembali diusung POCO F6 yang menandakan bahwa ini adalah smartphone dengan fitur layaknya flagship kelas atas yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Bagaimana tidak, POCO F6 dipersenjatai dengan SoC (system-on-chip) terbaru yang kencang dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8s Gen 3. Dirilis secara global pertama kali pada Mei lalu, POCO F6 sendiri jadi smartphone pertama yang menggunakan SoC tersebut.

Belum lagi fitur-fitur lain yang disematkannya juga kerap digunakan pada smartphone flagship kelas atas. Tidak hanya itu, yang bikin makin ramai adalah saat pengumuman harga yang bikin geleng kepala. Untuk smartphone di kelas tersebut apa yang ditawarkan antara performa dan harga memang berbeda jauh.

Baca juga: Hands-on POCO F6: Flagship Pertama POCO dengan Snapdragon 8s Gen 3

Tiga Teknologi Penunjang Performa

Sebagai smartphone flagship yang menawarkan performa kencang, POCO F6 ini mengusung tiga teknologi baru yaitu Snapdragon 8s Gen 3, WildBoost Optimization 3.0, dan LiquidCool Technology 4.0, yang dirancang secara khusus untuk memberikan performa ekstrem bagi berbagai skenario penggunaan.

Snapdragon 8s Gen 3 bisa dibilang merupakan SoC versi minimalis dari Snapdragon 8 Gen 3 yang biasa digunakan pada smartphone kelas high-end. Meski demikian, keduanya sama-sama menggunakan arsitektur 4nm yang menawarkan performa kencang namun efisien.

Bagian belakangnya hadir dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Titanium, Hijau, dan Hitam serta sudah tersertifikasi IP64 yang tahan percikan air dan debu.

Konfigurasi CPU pada SoC ini terdiri dari satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti performa Cortex-A720 berkecepatan 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,0 GHz. Untuk GPU-nya menggunakan Adreno 735. Sebagai tandem, memori RAM-nya hadir dalam dua pilihan yaitu 8 GB dan 12 GB LPDDR5X dengan tambahan fitur extended RAM hingga 8 GB. Sementara dua pilihan storage-nya terdiri dari 256 GB dan 512 GB tipe UFS 4.0 dengan kemampuan baca dan tulis yang kencang.

POCO F6 juga menyematkan fitur WildBoost Optimization 3.0 guna memberikan pengalaman saat bermain game dengan lebih baik. Dan agar suhu tetap terjaga saat performa tinggi, POCO F6 menggunakan sistem pendingin canggih yang diberi nama LiquidCool Technology 4.0. Teknologi ini bekerja dengan cara membuang panas dari komponen utama ponsel secara efektif melalui IceLoop System berukuran 4800mm², dimana POCO F6 memiliki desain vapor liquid yang terpisah, dan bersirkulasi satu arah, sehingga suhu smartphone menjadi lebih rendah dengan distribusi panas 3 kali lebih baik dibandingkan vapor chamber tradisional.

Agar tahan benturan dan lebih ergonomis saat digenggam, paket penjualannya sudah menyertakan case silikon warna hitam yang membuatnya lebih gagah saat digunakan.

Tidak hanya itu, LiquidCool Technology 4.0 juga memiliki teknologi intelligent temperature control, yang secara realtime dapat melakukan monitor temperatur smartphone, dan user-oriented thermal conductivity structure, untuk menjaga kenyamanan pengguna walaupun smartphone sedang digunakan secara ekstrem.

Fitur Canggih Berbasis AI