Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Dorong Adopsi AI di Indonesia Lewat Insisiatif Baru

By Rafki Fachrizal, Kamis, 11 Juli 2024 | 10:25 WIB

Perusahaan teknologi Alibaba Cloud menegaskan komitmennya untuk mempercepat adopsi AI generatif di Indonesia melalui serangkaian inisiatif baru.

Hal itu diungkapkan Alibaba Cloud di acara konferensi "Indonesia AI Conference 2024" yang berlangsung Rabu (10/07/2024) di Raffles Jakarta.

Inisiatif-inisiatif ini mencakup perluasan kemitraan AI lokal, menghadirkan lebih banyak perangkat pengembangan AI, dan meluncurkan program pelatihan bakat digital AI yang baru.

Upaya ini bertujuan untuk memberdayakan bisnis dan masyarakat Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang besar yang ditawarkan oleh teknologi transformatif terkini.

"Alibaba Cloud berkomitmen untuk mempercepat inovasi dan adopsi AI di Indonesia," kata Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence dalam sesi media briefing.

"Dengan membangun ekosistem AI yang kolaboratif, menyediakan perangkat pengembangan canggih, dan membina talenta-talenta lokal, Alibaba Cloud bertekad mendorong perjalanan Indonesia menjadi pemimpin dalam ruang AI generatif," tambah Yuan.

Pada konferensi ini, Alibaba Cloud membahas tiga penggerak utama adopsi AI generatif dengan mengutip laporan terbaru mereka bertajuk "Alibaba Cloud: 2024 Guidebook to AI Solutions for Indonesia".

Di antaranya kemampuan model dasar yang canggih, pengembangan software mutakhir untuk pemanfaatan large language model, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

"Untuk membantu pelanggan kami lebih baik dalam memanfaatkan kekuatan AI generatif dan meningkatkan adopsi kemajuan teknologi, kami akan berfokus dalam menyediakan lebih banyak sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang mempermudah pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih mudah diakses dan hemat biaya," papar Yuan.

Lebih lanjut, Alibaba Cloud juga secara aktif membangun ekosistem mitra AI yang kuat di Indonesia supaya bisa menyatukan para penyedia teknologi terkemuka dari berbagai sektor untuk memicu inovasi dan kolaborasi bersama.

Alibaba Cloud memberdayakan mitra-mitra ini dengan solusi cloud yang komprehensif, dukungan teknis khusus, dan sumber daya yang luas untuk memfasilitasi pertumbuhan dan kesuksesan para mitra.

Di konferensi ini, Alibaba Cloud memperkenalkan tiga mitra baru dalam ekosistemnya. Di antaranya:

Perusahaan-perusahaan ini bergabung dengan mitra-mitra lama dari Zoloz, AI Rudder, 6Estates, Sobot, Techsun, sampai Sensors Data, yang telah memanfaatkan platform AI Alibaba Cloud yang kuat untuk memberikan solusi inovatif di berbagai sektor, termasuk ritel, keuangan, game, dan logistik.