Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy Z Flip6: Makin Imut, Makin Banyak Fitur AI

By Dayu Akbar, Sabtu, 13 Juli 2024 | 06:00 WIB

Samsung Galaxy Z Flip6

Sebagai suksesor Galaxy Z Flip5 yang meluncur sekitar satu tahun lalu, Galaxy Z Flip6 hadir membawa beberapa pembaruan dan peningkatan di berbagai sektor. Selain spesifikasi yang lebih baru dan powerful, Samsung juga banyak memperbarui dan menambahkan beragam fitur berbasis AI yang menegaskan penggunaan fitur Galaxy AI pada smartphone lipat ini.

Desain

Berbicara desain, secara umum bisa dibilang hampir semuanya mirip. Dengan desain clamshell, perbedaan dengan generasi sebelumnya tidak terlalu signifikan. Panjangnya 165,1 mm, lebar 71,9 mm dan tebal 6,9 mm saat posisi terbentang. Dan saat terlipat panjangnya menjadi 85,1 mm, lebar 71,9 mm, dan tebal 14,9 mm.

Samsung Galaxy Z Flip6

Sedikit pembeda dibanding Galaxy Z Flip5 ada pada frame yang lebih flat sehingga membuat lipatannya tanpa celah dan terlihat makin tipis 0,2 mm saat dalam kondisi dilipat. Dan kali ini hinge-nya menggunakan teknologi yang disebut dengan Dual Rail Hinge yang lebih kokoh dan tahan dibuka tutup hingga puluhan ribu kali.

Samsung Galaxy Z Flip6

Layar

Jika dilihat dari spesifikasi layar, Galaxy Z Flip6 ini masih sama dengan Flip5. Layar utamanya menggunakan panel Dynamic Amoled 2X berukuran 6,7 inci serta resolusi 1080 x 2460 pixels dengan refresh rate 120Hz.

Sementara pada layar covernya memiliki ukuran 3,4 inci menggunakan panel Super AMOLED FlexWindow dengan resolusi 720 x 748 pixels dan refresh rate 60Hz. Untuk daya tahannya sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass Victus 2. Tingkat kecerahan kedua layarnya sama yaitu mencapai 2.600 nits.

Samsung Galaxy Z Flip6

Yang jadi pembeda adalah fitur dan fungsi yang ditingkatkan berbasis AI sehingga pengguna bisa melakukan beberapa aktivitas tanpa harus menggunakan layar utama. Misalnya saja, salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk langsung mengirim respon pesan yang sudah direkomendasikan secara AI pada beberapa pesan yang masuk. Jadi pengguna tidak perlu repot membalas pesan dengan mengetik dari awal.

Selain itu saat menggunakan FlexCam yang merupakan mode saat memotret dengan kondisi layar ditekuk, ditambahkan fitur Auto Zoom sehingga kamera secara otomatis akan melakukan framing agar posisi pengguna berada di tengah kamera.