Find Us On Social Media :

SK hynix Ungkap Sejumlah Produk Andalannya pada COMPUTEX 2024

By Cakrawala Gintings, Minggu, 14 Juli 2024 | 09:00 WIB

SK hynix via Luke Choi (SSD Business Leader, Hitachi-LG Data Storage) mengungkapkan sejumlah produk SSD untuk consumer yang kini menjadi andalannya pada COMPUTEX 2024 yang diselenggarakan belum lama ini.

SK hynix via HLDS (Hitachi-LG Data Storage) belum lama ini mengungkapkan sejumlah produk SSD untuk consumer yang kini menjadi andalannya untuk menjawab kebutuhan maupun keinginan para consumer dunia. HDLS sendiri merupakan distributor global SK hynix untuk SSD segmen consumer. Tak hanya menampilkan produk-produk yang dimaksud, pada pergelaran di Courtyard Taipei dalam rangka COMPUTEX 2024 di Taipei, Taiwan tersebut, HLDS juga menyampaikan akan menghadirkan produk-produk SSD untuk consumer yang menggunakan merek super multi-nya. Memanfaatkan flash memory SK hynix, super multi ditujukan untuk kelas yang lebih terjangkau dibandingkan SK hynix.

Nantinya, dengan kehadiran super multi di pasar, HLDS akan menyalurkan dus menjual SSD SK hynix untuk consumer dan SSD super multi untuk consumer. HLDS mengatakan bahwa SSD super multi bersangkutan dirakit di pabriknya di Malaysia: HLDS membeli wafer dari SK hynix lalu mengolahnya hingga menjadi SSD super multi. Namun, SSD super multi memanfaatkan controller yang lebih terjangkau (bukan controller SK hynix) plus penghematan lain seperti, setidaknya dari produk-produk yang ditampilkan, tidak dilengkapi dengan cip DRAM. Sebagian dari produk super multi yang ditampilkan pun belum memiliki nama resmi.

Selain mengungkapkan sejumlah produk SSD untuk consumer yang kini menjadi andalan SK hynix, Luke Choi juga memaparkan mengenai merek super multi yang kini dipakai untuk produk SSD segmen cosumer HLDS (Hitachi-LG Data Storage).

Beberapa produk SK hynix yang ditunjukkan adalah Platinum P41 SSD, Platinum P51 SSD, Beetle X31 SSD, dan Tube T31 SSD. Sementara dua dari sejumlah produk super multi yang ditunjukkan adalah SSD internal dengan form factor M.2 2280 dan SSD eksternal portabel. Tidak disebutkan secara spesifik kapan masing-masing produk super multi yang ditampilkan akan meluncur di pasar.

“Ini adalah super multi. Seperti yang telah saya katakan kami adalah pemanufakturan ODD dan kami pemegang pangsa pasar nomor satu untuk CD, DVD, Blu-ray. super multi adalah nama merek dari CD, DVD, Blu-ray [tersebut]. Sekarang kami menggunakan merek ini untuk produk SSD dan juga produk DRAM,” jelas Luke Choi (SSD Business Leader, Hitachi-LG Data Storage) sembari menambahkan bahwa setidaknya pada sebagian produk super multi tulisan super multi akan dituliskan bersama SK hynix.

SK hynix Platinum P41 SSD

SK hynix Platinum P41 SSD.

SK hynix Platinum P41 SSD merupakan SSD internal dengan form factor M.2 2280 dan antarmuka PCI Express 4.0 x4. Terdapat tiga opsi kapasitas SK hynix Platinum P41 SSD, yakni 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. SK hynix Platinum P41 SSD 500 GB diklaim memiliki kecepatan pembacaan hingga 7.000 MB/s dan kecepatan penulisan hingga 4.700 MB/s, sedangkan SK hynix Platinum P41 SSD 1 TB dan 2 TB memiliki kecepatan pembacaan hingga 7.000 MB/s dan kecepatan penulisan hingga 6.500 MB/s. Adapun TBW-nya, SK hynix Platinum P41 SSD 500 GB disebutkan memiliki TBW hingga 500, SK hynix Platinum P41 SSD 1 TB hingga 750, dan SK hynix Platinum P41 SSD 2 TB hingga 1.200.