Find Us On Social Media :

Tak Melulu ChatGPT, Kini Asisten Claude AI Tersedia di Play Store

By Adam Rizal, Selasa, 23 Juli 2024 | 13:30 WIB

Tak Melulu ChatGPT, Kini Asisten AI Claude Tersedia di Play Store

Perusahaan riset AI Anthropic meluncurkan aplikasi asisten digital Claude AI ke jutaan perangkat Android di dunia. Hal itu membuat pengguna HP Android dapat menggunakan model Claude terbaru Claude 3.5 Soneta, langsung di ponsel atau tablet. Peluncuran aplikasi Android Claude diumumkan melalui akun X (sebelumnya Twitter). Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis, tetapi pengguna perlu mendaftar dengan email dan nomor telepon.

Tak seperti peluncuran aplikasi Claude AI di  iOS, Anthropic tidak menjelaskan apakah aplikasi ini tersedia secara global atau hanya di wilayah tertentu. Aplikasi Claude AI memiliki ukuran 4,12 MB dan berfungsi seperti versi iPhone dan web, memungkinkan pengguna untuk beralih antara perangkat dengan mudah.Percakapan dan pertanyaan yang disimpan dapat diakses dari perangkat apa pun. 

Claude AI dirancang untuk membantu pengguna memahami dunia sekitar dan menerjemahkan bahasa secara real-time. Selain kemampuan bahasa, Claude AI juga berfungsi sebagai pemecah masalah yang setara dengan asisten AI lainnya seperti Google Gemini dan ChatGPT. Pengguna gratis dapat mengakses semua fitur dasar model AI berbasis teks, dan Claude 3.5 Soneta juga memiliki kemampuan Vision.

Untuk menggunakan fitur Vision, pengguna harus memberikan akses kamera dan galeri. Mereka dapat mengambil gambar apa pun dan meminta informasi kepada AI. Claude 3.5 Soneta, dirilis bulan lalu, memiliki jendela konteks 200.000 token dan diklaim dua kali lebih cepat dari Claude 3 Opus. Model AI ini juga dapat menulis, mengedit, dan menjalankan kode secara mandiri.

Alasan Pakai Claude AI

Popularitas teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif ChatGPT meroket dan menjadi pilihan utama pengguna di pasar. Padahal, ada model AI lainnya yang tidak kalah populer seperti Claude AI. Claude AI memiliki berbagai keunggulan yang dapat menyaingi ChatGPT dan menyediakan solusi chatbot dan interaksi manusia-mesin yang canggih. 

Anthropic merancang Claude untuk memahami dan merespons percakapan dengan cara yang lebih alami dan kontekstual. Anthropic, sebuah perusahaan keamanan dan riset AI yang berbasis di San Francisco, memperkenalkan Claude 2 sebagai model chatbot AI terbaru.

Berikut beberapa alasan Anda bisa mencoba Claude AI dibandingkan ChatGPT:

Memberikan Informasi yang Lebih Cepat dan Tepat

Claude AI mampu menyajikan informasi dengan cepat dan tepat, memenuhi kebutuhan era digital saat ini. Teknologi AI ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mencari sumber informasi canggih dan andal setelah tahun 2021. Claude AI dilatih dengan data hingga akhir 2022, dan memahami sebagian peristiwa awal 2023, memberikan keunggulan dibandingkan ChatGPT.

Fokus pada Keamanan dan Privasi

Keunggulan lain dari Claude AI adalah fokusnya pada keamanan dan privasi data pengguna. Platform ini menawarkan fitur keamanan canggih seperti enkripsi data, verifikasi dua langkah, dan pendeteksian ancaman keamanan langsung. Claude AI memastikan bahwa data pengguna aman dan digunakan sesuai kehendak mereka.