Find Us On Social Media :

Tangani Beban AI, AS Bikin Superkomputer Terkencang di Dunia

By Adam Rizal, Jumat, 2 Agustus 2024 | 13:00 WIB

Tangani Beban AI, AS Bikin Superkomputer Terkencang di Dunia

Departemen Energi Amerika Serikat (AS) baru-baru berencana membangun superkomputer terbaru terkencang di dunia.  Superkomputer yang bernama Discovery itu menawarkan 3 hingga 5 kali lebih cepat dibandingkan superkomputer tercepat saat ini Frontier. Superkomputer Discovery akan selesai dibangun pada akhir 2027 atau awal 2028. Meskipun angka pastinya belum dijelaskan, superkomputer ini diperkirakan akan memiliki performa hingga 6,5 ExaFLOPS, menjadikannya yang terkencang di dunia. 

Saat ini, Frontier, yang terletak di Oak Ridge National Laboratory, Amerika Serikat, memegang gelar superkomputer tercepat dengan performa 1,3 ExaFLOPS dan 8.699.904 core, menempatkannya di posisi pertama daftar 500 superkomputer tercepat di dunia sejak Mei 2022. 

Superkomputer merupakan infrastruktur penting bagi keamanan nasional Amerika Serikat dan berperan dalam pengembangan teknologi militer serta penelitian ilmiah. Discovery dirancang untuk menangani beban lebih berat, termasuk AI dan machine learning, dengan efisiensi daya yang lebih baik.

Pengumuman ini muncul di tengah rumor bahwa Tiongkok telah memiliki superkomputer dengan performa 3-4 kali lebih tinggi dari Frontier, yang berarti juga terkencang di dunia. Namun, Tiongkok belum memberikan informasi resmi mengenai performa superkomputer mereka.

Baca Juga: Populix Adopsi Teknologi AI di Industri Riset Pasar Indonesia