Find Us On Social Media :

Review realme GT 6: Flagship Killer Super Terang dengan Fitur AI

By Dayu Akbar, Selasa, 6 Agustus 2024 | 07:30 WIB

realme GT 6

Saat meluncur di Indonesia, realme GT 6 jadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8s Gen 3 yang resmi hadir di tanah air. Usung jargon flagship killer, realme GT 6 menyematkan fitur unggulan kelas atas, tidak hanya dalam hal performa, namun juga dari sisi desain, kemampuan kamera, sampai daya tahan baterai. Dan tidak ketinggalan di saat tren AI sedang marak, realme GT 6 juga menyematkan fitur-fitur keren berbasis AI.

Desain Ala Flagship

realme GT 6 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Fluid Silver dan yang kami uji ada adalah warna Razor Green. Tampilannya premium dengan nuansa futuristik karena bagian belakangnya hadir dengan lapisan glossy serta tekstur logam seperti cermin di bagian atasnya. Area kaca ini memang lebih mudah meninggalkan bekas sidik jari dibanding area glossy. Untungnya hal tersebut bisa dengan mudah dibersihkan dengan lap kering.

Saat digenggam, kesan premium makin terasa karena terasa lebih berbobot. Sisi-sisi bodi belakang dan layar dibuat melengkung sehingga tidak hanya terlihat elegan tapi juga lebih ramping. Dengan ketebalan sekitar 8,6 mm, bobotnya hampir 200 gram.

Meski nyaman digenggam dengan bodi belakang yang tahan goresan, realme tetap menyertakan case silikon yang termasuk dalam paket pembelian.

Penempatan tombol fisiknya standar, sisi kanan Volume dan Power. Sisi kiri kosong dan sisi atas terdapat mikrofon dan sensor infra red yang berfungsi sebagai remote control untuk perangkat elektronik. Pada sisi bawah terdapat port USB type-C, mikrofon, speaker, dan slot kartu SIM tanpa dukungan kartu microSD. Untuk speakernya berjenis stereo karena selain di sisi bawah juga terdapat di dekat bagian earpiece. Tidak hanya tahan terhadap goresan, bodinya telah mengantongi rating IP65 yang berarti tahan terhadap debu dan percikan air.

Layar Paling Terang Sedunia

Salah satu hal menarik di sektor layar adalah tingkat brightness-nya yang mencapai 6000 nits. Ini menjadikannya sebagai layar smartphone paling terang di dunia. Meski demikian, realme tetap membuat konsumsi dayanya tetap irit berkat penggunaan material luminescent. Tingginya tingkat brightness berguna bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan saat matahari terik agar tampilan layar tetap terlihat jelas. Anda bisa mengatur agar tingkat brightness dalam kondisi maksimal atau menyesuaikan secara otomatis dengan mengaktifkan pilihan Extra Brightness pada pengaturan layar.

realme GT 6 memiliki layar dengan tingkat brightness hingga 6000 nits dan menjadikannya yang tertinggi di dunia.

Spesifikasi lain layarnya juga bisa dibilang sekelas flagship. Selain desain lengkung, layar dengan ukuran 6,78 inci ini menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ atau 2.780 x 1.264 pixels. Refresh rate maksimal mencapai 120 Hz yang dilengkapi dengan kemampuan adaptif mulai dari 1 hingga 120 Hz. Sebagai pelindung sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus sehingga aman dari goresan meski disimpan dalam saku atau tas bersamaan dengan benda lainnya.

Untuk para gamer yang butuh layar dengan tingkat responsif tinggi tanpa delay, realme GT 6 ini memiliki touch sampling rate 2500 Hz. Selain untuk gaming, aktivitas lain seperti navigasi berlangsung dengan lancar. Selain gamut warna DCI-P3 yang luas guna menghasilkan warna yang lebih hidup dan akurat, layarnya juga telah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland, yang berarti telah diuji dan terbukti aman serta nyaman untuk mata, bahkan setelah penggunaan dalam waktu lama.

Slot kartu SIM terdapat kompartemen yang hanya bisa menampung hingga 2 kartu nano SIM tanpa kartu microSD.