Find Us On Social Media :

Kalahkan Samsung, iPhone 15 Series Jadi HP Terlaris di Dunia Tahun Ini

By Adam Rizal, Selasa, 6 Agustus 2024 | 11:30 WIB

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Firma riset Counterpoint Research mengungkapkan 10 smartphone terlaris pada kuartal II-2024 (April-Juni) di situs resminya. Hasilnya, Apple dan Samsung masih mendominasi merek smartphone favorit di dunia, dengan sembilan dari 10 model dalam daftar berasal dari kedua perusahaan tersebut. 

Apple berhasil mempertahankan performanya dari kuartal II-2023 dengan empat model iPhone menjadi yang terlaris yaitu iPhone 15, iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, dan iPhone 14. Tak hanya itu, iPhone 14 menempati peringkat keenam, sementara tiga model lainnya berada di peringkat atas. Hal itu berbeda dengan kuartal II-2023, di mana empat model iPhone menempati empat posisi teratas. 

Counterpoint mencatat bahwa volume penjualan dan pangsa pasar Apple menurun secara tahunan (Year-on-Year/YoY), meskipun penjualan model iPhone Pro meningkat sementara penjualan iPhone generasi lama menurun, menunjukkan pergeseran ke permintaan smartphone high-end.

Samsung menyumbang lima model dalam daftar smartphone terlaris, sedikit berkurang dari enam model pada periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal ini, Samsung diwakili oleh Galaxy A15 5G, Galaxy A15 4G, Galaxy A55, Galaxy S24 Ultra, dan Galaxy A05. Galaxy S24 Ultra menempati peringkat kesembilan, turun dari peringkat kedelapan yang ditempati oleh pendahulunya, Galaxy S23 Ultra, pada kuartal yang sama tahun lalu. 

Penurunan itu disebabkan oleh peluncuran seri Galaxy S24 yang lebih cepat pada Januari 2024 dibandingkan seri Galaxy S23 yang dirilis Februari 2023. Model Galaxy A15 series melanjutkan kesuksesan Galaxy A14 sebagai smartphone terlaris, dengan Galaxy A15 5G di peringkat keempat dan Galaxy A15 4G di peringkat kelima. Counterpoint menilai kedua model ini menawarkan kemampuan multitasking yang efisien untuk kelas menengah ke bawah.

Yang menarik pada kuartal ini adalah kembalinya merek Xiaomi ke dalam daftar setelah beberapa kuartal absen. Model Redmi 13C 4G menempati peringkat kedelapan dalam daftar smartphone terlaris kuartal II-2024.

Baca Juga: NVIDIA Kenalkan Asisten AI G-Assist, Bantu Pemain Bermain Game