Find Us On Social Media :

Kaspersky Ungkap Tren Ancaman Siber di 2024 dan Cara Menghindarinya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 9 Agustus 2024 | 14:15 WIB

Igor Kuznetsov, Direktur, Tim Riset & Analisis Global (GReAT) di Kaspersky, saat presentasi dalam ajang Kaspersky Cybersecurity Weekend 2024 yang berlangsung di Sri Lanka.

Lanskap ancaman siber terus berkembang seiring munculnya pelaku, teknologi, dan metode serangan baru, yang menciptakan dunia yang tidak pasti bagi organisasi dan masyarakat dengan potensi jebakan bahkan saat membuka email.

Profesional keamanan siber harus tetap waspada dan mengantisipasi skema, ancaman, dan strategi yang berkembang pesat oleh penjahat siber yang memanfaatkan teknologi open source (sumber terbuka) dan menjadi semakin canggih.

Berdasarkan temuan dari Laporan Analis Respons Insiden Kaspersky 2023, skala ancaman siber saat ini menunjukkan bahwa 75% upaya serangan siber mengeksploitasi Microsoft Office.

Dalam hal vektor infeksi, 42,3% upaya yang berhasil menggunakan aplikasi yang tersedia untuk umum dengan 20,3% menggunakan akun yang disusupi sementara hanya 8,5% menggunakan kredensial brute force.

Terkait vektor infeksi, sebagian besar serangan dilakukan oleh penyerang yang menggunakan kredensial yang dicuri atau dibeli sebelum melakukan serangan protokol desktop jarak jauh (RDP), email phishing yang memuat lampiran dan tautan berbahaya, serta file berbahaya pada sumber daya publik yang meniru templat dokumen.

Di sisi positifnya, upaya serangan turun hingga 36% pada Q1 tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Setelah mengalami serangan siber, akibatnya 33,3% organisasi mendapatkan data mereka dienkripsi, 21,1% mengalami pencurian data, dan 12,2% mengalami direktori aktif yang disusupi.

Berdasarkan survei Kaspersky sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2022, risiko ancaman siber terbesar yang muncul adalah ransomware (66%) bersama dengan pencurian data (juga 66%), diikuti oleh sabotase siber (62%), serangan rantai pasokan (60%) dan serangan DDos (juga 60%), spionase siber (59%), ancaman persisten tingkat lanjut [APT] (57%) dan penambangan kripto (56%).

Untuk tahun 2024, ancaman siber yang sedang tren saat ini terutama adalah serangan rantai pasokan (6,8%) dan upaya phishing yang ditargetkan (5,1%) yang tetap menjadi ancaman yang jelas dan nyata bagi bisnis.

Berdasarkan statistik tahun 2023 yang sama, target paling produktif oleh pelaku ancaman adalah pemerintahan (27,9%), lembaga keuangan (12,2%), manufaktur (17%) dan perusahaan IT (8,8%).

Dalam hal wilayah yang menjadi target, Asia dan CIS (Commonwealth of Independent States) mengalami insiden keamanan siber terbanyak sebesar 47,3% diikuti oleh Amerika (21,8%), Timur Tengah (10,9%) dan Eropa (9,1%).

“Pemerintah menjadi target paling produktif oleh pelaku ancaman diikuti oleh manufaktur dan lembaga keuangan dengan risiko ancaman siber terbesar adalah ransomware dan sabotase siber,” kata Igor Kuznetsov, Direktur, Tim Riset & Analisis Global (GReAT) di Kaspersky, saat presentasi dalam ajang Kaspersky Cybersecurity Weekend 2024 yang berlangsung di Sri Lanka.

Berdasarkan statistik dari solusi keamanan Kaspersky yang digunakan oleh klien, lebih dari 220.000 bisnis terlindungi di seluruh dunia dengan 6,1 miliar serangan dicegah dengan solusi keamanan Kaspersky beserta 437 juta ancaman yang berasal dari internet terdeteksi dan dihentikan.