Find Us On Social Media :

Pembelian Produk Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia Alami Kenaikan

By Rafki Fachrizal, Senin, 12 Agustus 2024 | 12:40 WIB

Ilustrasi Produk Lokal.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan tulang punggung perekonomian di Tanah Air.

Secara nasional, UMKM saat ini memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%.

Untuk mendorong peran signifikan UMKM terhadap perekonomian nasional, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama berbagai mitra strategis mengupayakan sejumlah inisiatif, salah satunya lewat program Beli Lokal.

"Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) meluncurkan kampanye dan fitur Beli Lokal pada momen tanggal kembar Desember 2023 untuk memberikan etalase khusus bagi brand lokal, dan mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk lokal," jelas Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, dalam keterangan resminya.

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.

Adapun, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 9 kali lipat.

Sejumlah wilayah penjual di halaman Beli Lokal ShopTokopedia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Sulawesi Barat, Bali, dan Sulawesi Tengah, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat.

Adapun, beberapa produk dari penjual di halaman Beli Lokal pada ShopTokopedia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: buku dan majalah, perlengkapan renovasi rumah, dan sepatu, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.

Dengan mengikuti kampanye Beli Lokal, para penjual merasakan dampak positif. Contohnya, brand lokal batik, Hadinata Batik (Solo, Jawa Tengah), yang mengalami peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah mengikuti beragam inisiatif dari Tokopedia maupun ShopTokopedia, salah satunya Beli Lokal.

Baca Juga: Total Penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia Kini Lebih dari 21 Juta