Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform.
Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023.
Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024.
"Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menghasilkan berbagai dampak positif. Peningkatan jumlah penjual di masing-masing platform membuat Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 21 juta penjual. Hal ini memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik," ujar Stephanie Susilo, Senior Director of Ecommerce Shop | Tokopedia, saat peluncuran ShopTokopedia Mall di Jakarta pada Jumat (19/07/2024).
Menurut hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik lebih banyak pengguna loyal.
Tercatat 79% pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77% pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.
Alasannya, yaitu pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif sekaligus pengalaman baru berbelanja online.
Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual.
"Misalnya, kampanye Ramadan Ekstra Seru membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66%, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72%," pungkas Stephanie.
Baca Juga: Halo Para Seller! Gabung ShopTokopedia Mall Bisa Bikin Penjualan Naik
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR