Find Us On Social Media :

Wow! Robot AI ini Sukses Lakukan Operasi Gigi Pertama di Dunia

By Adam Rizal, Sabtu, 17 Agustus 2024 | 09:30 WIB

Ilustrasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di bidang Kesehatan.

Startup asal Boston, Perceptive melaporkan sebuah robot berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sukses melakukan operasi gigi otomatis pertama di dunia dan menandai sebuah terobosan signifikan dalam bidang medis. 

Menurut laporan dari Vanguard, robot itu memiliki dengan perangkat lunak pencitraan 3D berbasis AI, yang memungkinkan lengan robotik melakukan prosedur gigi dengan presisi tinggi. Prosesnya dimulai dengan pemindaian 3D gigi dan mulut pasien, mengumpulkan gambar hingga di bawah garis gusi. Data itu kemudian dianalisis oleh AI untuk merencanakan dan melaksanakan prosedur secara otomatis. Prosedur pertama yang dilakukan adalah pemotongan gigi di mana lengan robotik mengikis bagian tertentu dari gigi pasien.

Dr. Chris Ciriello (CEO dan Pendiri Perceptive) mengatakan inovasi itu meningkatkan presisi dan efisiensi prosedur gigi serta membuka jalan bagi akses yang lebih luas terhadap perawatan gigi yang lebih baik.

"Di masa depan, pemasangan mahkota gigi dapat diselesaikan dalam waktu hanya 15 menit, dibandingkan dengan metode saat ini yang memerlukan dua kali kunjungan ke dokter gigi selama satu jam," ujarnya.

Perceptive telah memperoleh pendanaan sebesar USD30 juta dari berbagai investor besar di Silicon Valley, termasuk Ed Zuckerberg, ayah dari CEO Meta, Mark Zuckerberg. Meskipun teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum mendapat persetujuan dari FDA, perusahaan optimis bahwa teknologi mereka akan "mengubah dunia kedokteran gigi."

Robot AI itu ini tidak hanya menawarkan kecepatan dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan metode konvensional, tetapi juga berpotensi mengurangi biaya dan meningkatkan pengalaman pasien. "Teknologi ini akan membuat perawatan gigi lebih terjangkau dan dapat diakses oleh lebih banyak orang," ujarnya.

Namun, masih ada tantangan yang perlu diatasi, termasuk mendapatkan persetujuan regulasi dan memastikan keamanan serta keandalan teknologi ini dalam jangka panjang. Meskipun begitu, perkembangan ini membuat masa depan kedokteran gigi terlihat lebih cerah dan penuh potensi inovasi.

Baca Juga: Kini Fitur Obrolan Grup TikTok Memuat 32 Pengguna, Ini Cara Pakainya