Find Us On Social Media :

Perfect Corp. Dorong Brand Kecantikan & Fesyen Manfaatkan AI dan AR

By Liana Threestayanti, Jumat, 23 Agustus 2024 | 12:30 WIB

Perfect Corp. menyiapkan serangkaian solusi berbasis teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) yang khusus dirancang untuk membantu pemilik brand kecantikan dan fesyen.

Perfect Corp. menyiapkan serangkaian solusi berbasis teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) untuk bidang kecantikan dan fesyen yang akan membantu pemilik brand meningkatkan bisnis dan memberikan pengalaman lebih personal bagi konsumennya. 

Teknologi kini menjadi salah satu kunci bagi bisnis dalam mengembangkan bisnis dan menjadi yang terdepan dalam kompetisi, tak terkecuali di bisnis kecantikan dan fesyen. Salah satu teknologi yang kini mulai dimanfaatkan adalah AI dan AR terutama dalam memberikan layanan yang lebih personal bagi konsumen dan meningkatkan pengalaman berbelanja secara daring. 

Menurut Perfect Corp., pemanfaatan teknologi AI di dunia fesyen bukanlah sesuatu yang baru, tapi pemanfaatan AI generatif yang muncul beberapa tahun terakhir baru mulai dilakukan oleh industri fesyen. Walau baru dimulai, tapi berbagai pihak memprediksi bahwa pemanfaat AI generatif akan membantu mendorong perkembangan segala aspek bisnis secara signifikan. 

Salah satunya adalah McKinsey & Company yang berdasarkan hasil analisisnya di tahun  2023 menyebutkan bahwa dalam rentang 3 sampai 5 tahun ke depan, AI generatif dapat menambah laba operasional sebesar  US$150-275 miliar di sektor busana, fesyen, dan barang-barang mewah. 

Laporan lainnya yang berjudul The State of Fashion 2024 dari The Business of Fashion (BoF) dan McKinsey juga menyebutkan bahwa industri fesyen akan lebih serius mengeksplorasi potensi AI generatif. Sebanyak 73% dari pelaku bisnis mengatakan bahwa AI generatif akan menjadi prioritas mereka untuk mengembangkan bisnis di 2024. 

Di sisi lain, Perfect Corp. juga memaparkan sejumlah tantangan yang dihadapi perusahaan fesyen terkait implementasi AI, seperti standarisasi ukuran produk yang belum konsisten, keragaman bentuk dan ukuran tubuh konsumen, serta kerumitan proses belanja secara daring tanpa bantuan. 

Menjawab tantangan ini, Perfect Corp. mengembangkan berbagai inovasi berbasis AI dan AR untuk membantu brand perhiasan, jam tangan, make up, dan kacamata dalam memberi layanan personal bagi konsumen. Apa saja?

Virtual bracelet sizer

Perangkat ini dikembangkan untuk membantu  konsumen mengukur pergelangan tangan mereka secara akurat saat membeli gelang. Konsumen hanya perlu menempelkan pergelangan tangan di layar ponsel atau mengambil foto dengan kamera ponsel. Dikombinasikan dengan teknologi virtual try-on berbasis AR, konsumen dapat melihat visualisasi 3D gelang yang dikenakan di pergelangan tangannya.

AI face shape detector for glasses

Inovasi lain adalah pendeteksi bentuk wajah untuk membantu konsumen untuk menentukan bentuk dan ukuran kacamata yang cocok. Dibekali interface yang mudah digunakan, alat ini menggunakan AI untuk menganalisis fitur wajah dan proporsinya, juga melakukan pengukuran untuk menentukan keseluruhan bentuk wajah secara akurat. 

Setelah bentuk wajah ditentukan, konsumen akan mendapatkan rekomendasi frame kacamata yang paling sesuai dengan bentuk dan proporsi wajahnya. Menggunakan AR virtual try-on pada device masing-masing, konsumen dapat melihat tampilan wajahnya saat mengenakan kacamata tersebut, bahkan melakukan mix & match antara bentuk frame yang direkomendasikan dan warna lensa kacamata yang tersedia. 

PerfectGPT

Perfect Corp. juga baru saja menghadirkan all-new PerfectGPT, perangkat Advisor berbasis AI yang memudahkan konsumen dalam mencari produk kecantikan dan fesyen. Berdasarkan hasil keinginan konsumen dan bentuk fisik yang unik dari masing-masing konsumen, PerfectGPT dapat memberi rekomendasi produk yang paling sesuai untuk konsumen, bahkan dapat memberi tutorial merias wajah menggunakan produk-produk tersebut. Layanan ini tersedia 24 jam per hari melalui smartphone.

Menurut Perfect Corp., tool ini juga dapat dimanfaatkan pemilik brand dan peritel perhiasan, kacamata, dan make up untuk menyajikan layanan personal serta pengalaman berbelanja daring yang lebih realistis bagi konsumen. Penggunaan virtual try-on disebut Perfect Corp. akan semakin memudahkan konsumen memilih produk yang paling sesuai dan meningkatkan rasa percaya diri dengan produk yang ia beli. 

Pada akhirnya, pemanfaatan teknologi AI dan AR ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan mengurangi potensi produk dikembalikan oleh konsumen.

Alice Chang, CEO dan Founder Perfect Corp. menegaskan bahwa Perfect Corp. berkomitmen menyediakan teknologi AI dan AR canggih, seperti Virtual Bracelet Sizer dan Face Shape Detector, untuk memberdayakan brand dan peritel di industri kecantikan dan fesyen agar mereka dapat menyajikan pengalaman belanja yang imersif dan memuaskan. 

“Solusi berteknologi AI dan AR berupa Virtual bracelet sizer dan Face shape detector akan membantu meningkatkan kemampuan brand dan peritel dalam merekomendasikan produk fesyen yang tepat, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan mendorong kesuksesan bisnis,” pungkas Alice Chang.

Baca juga: Inilah Lima Tren AI Terbaru di Industri Kecantikan dan Fesyen