Find Us On Social Media :

Enam Startup East Ventures Masuk ‘Forbes Asia 100 to Watch 2024’

By Rafki Fachrizal, Rabu, 28 Agustus 2024 | 10:50 WIB

Ilustrasi Startup.

Perusahaan VC (venture capital) East Ventures mengumumkan enam startup (perusahaan rintisan) portofolionya berhasil masuk dalam daftar bergengsi ‘Forbes Asia 100 to Watch 2024’.

Untuk edisi keempat ini, daftar Forbes Asia 100 to Watch menampilkan perusahaan-perusahaan kecil dan perusahaan startup di Asia Pasifik yang menarik perhatian para investor—dan juga buku cek bank tabungan mereka.

Secara kolektif, perusahaan-perusahaan ini telah menarik lebih dari US$2 miliar total investasi hingga saat ini, dengan 83 di antaranya menggalang dana sejak awal 2023.

Beberapa perusahaan yang disorot menceritakan kisah pertumbuhan yang stabil, menggarisbawahi bahwa kesuksesan bukanlah pencapaian dalam semalam.

Perusahaan-perusahaan lainnya dengan cepat menarik perhatian dan mulai menguasai beberapa industri paling berkembang di dunia, seperti bioteknologi.

Gabungan dari 100 perusahaan yang beragam ini memiliki satu ciri yang sama: semangat inovatif yang kuat.

Produk dan layanan mereka di antaranya sistem navigasi AI untuk eksplorasi ruang angkasa, terapi sel mutakhir hingga teknologi diagnostik perawatan kesehatan.

Ada pula perusahaan fintech (financial technology) yang memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan untuk pengusaha ritel yang menggunakan saluran digital untuk menjangkau konsumen generasi baru.

Perusahaan-perusahaan dari 16 negara dan wilayah terwakili dalam daftar tahun ini, yang beroperasi di total 10 industri, seperti teknologi perusahaan dan robotika, keuangan, serta manufaktur dan energi.

India, yang merupakan salah satu pusat startup, memiliki kehadiran terbesar tahun ini dengan 20 perusahaan, diikuti oleh Singapura (15), Tiongkok daratan (10), Jepang (9), dan Indonesia (8).

“Kami sangat bangga melihat enam perusahaan portofolio kami masuk dalam daftar Forbes Asia 100 to Watch 2024 tahun ini,” ujar Melisa Irene, Partner East Ventures.

“Kami selalu percaya untuk memberdayakan para founder yang visioner dan berusaha untuk memberikan dampak yang berarti di industri masing-masing, dan pengakuan ini menggarisbawahi kontribusi mereka yang signifikan. Kami berharap dapat melanjutkan dukungan dan kolaborasi kami dalam mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dalam skala global,” sambungnya.

Lebih lanjut, berikut enam startup East Ventures yang masuk dalam Forbes Asia 100 to Watch 2024: