Find Us On Social Media :

Multipolar Technology Beberkan Manfaat IBM watsonx untuk Adaptasi AI yang Dinamis dan Hemat Waktu

By Content Marketing ADV, Kamis, 29 Agustus 2024 | 11:43 WIB

Seminar Infokomputer bertajuk

Perusahaan di Indonesia kini mulai gencar melakukan transformasi digital.  Salah satu yang tak kalah populer adalah adaptasi teknologi masa depan, yakni artificial intelligence (AI).

Teknologi AI dinilai dapat merevolusi cara perusahaan beroperasi menghadirkan sederet manfaat, mulai dari otomatisasi hingga peningkatan produktivitas.

Di Indonesia, platform penjualan tiket atraksi dan akomodasi, Tiket.com, menjadi satu dari banyak perusahaan yang ikut mengadaptasi teknologi ini.

Hal tersebut dipaparkan oleh Vice President of Data Science Tiket.com Irvan Bastian Arief dalam seminar Infokomputer bertajuk "Innovate: Membangun GenAI Sesuai Kebutuhan Industri", Selasa (27/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Irvan mengatakan bahwa teknologi AI memiliki peran besar dalam menciptakan data yang generatif (AI generative).

"AI berhasil membantu kami mengelola banyak hal. Salah satunya, penjadwalan ulang tiket pesawat, menyortir foto dokumentasi hotel, hingga membedakan komentar kritik atau pujian," ujarnya.

Untuk kegiatan operasional, AI juga digunakan sebagai alat bantu untuk memeriksa dan menyederhanakan proses coding.

Baca Juga: Kisah Sukses Multipolar Technology Mengimplementasikan DWDM dan SOCC

"Hampir seluruh kegiatan operasional kami sudah menggunakan AI. (Satu hal) yang penting, operator bisa memberikan prompt yang sesuai," jelasnya.

Sejalan dengan pemaparan Irvan, Data Scientist and AI Engineer Multipolar Technology Tina Widuri yang juga hadir dalam acara ikut memaparkan sejumlah contoh (use cases) adaptasi AI di Indonesia.

Sebagai informasi, Multipolar Technology merupakan mitra bisnis tepercaya dari IBM, penyedia platform data dan AI terkemuka IBM watsonx.

IBM watsonx menyediakan lingkungan yang fleksibel untuk mengembangkan dan melatih model AI yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis secara spesifik.