Find Us On Social Media :

Apple Resmi Luncurkan iPhone 16 dan 16 Plus dengan AI, Harganya?

By Adam Rizal, Selasa, 10 September 2024 | 01:46 WIB

Apple Resmi Luncurkan iPhone 16 dan 16 Plus dengan AI, Harganya?

Apple resmi meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dalam acara Apple Event yang berlangsung Selasa dini hari WIB pada 10 September 2024. Secara desain, kedua flagship itu tidak mengalami perubahan yang signifikan tetapi Apple meningkatkan kemampuan kinerjanya terutama dalam hal Apple Intelligence (AI).

"iPhone 16 sudah mendukung Apple Intelligence yang memungkinkan pengguna membuat gambar melalui Playground, mencari foto berdasarkan deskripsi di Photos, membuat email, merangkum notifikasi, serta memanfaatkan Siri versi terbaru," kata Craig Federighi (Senior VP Software Engineering di Apple).

iPhone 16 mengusung layar OLED 6,1 inci dan  iPhone 16 Plus memiliki layar, 6,7 inci dengan teknologi Super Retina XDR, HDR, lapisan pelindung oleophobic dan kaca keramik anti gores. Apple memasang bingkai alumunium dan kaca di bagian belakang kedua HP flagship itu sehingga terlihat elegan dan kokoh serta sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Apple juga tetap menjadikan Face ID juga ssbagai fitur keamanan dengan teknologi pengenalan wajah 3D yang lebih cepat.

Apple menyematkan chipset  A18 Pro ke dalam iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang membuat kinerjanya 30 persen lebih cepat dari CPU iPhone 15. Berkat A18 Pro, kemampuan grafis dan efisiensi daya kedua HP itu juga meningkat, kemampuan grafis meningkat 45 persen dan daya 30 persen lebih hemat dibanding pendahulunya.

"Chipset ini dirancang dengan fabrikasi 3nm sehingga kinerjanya lebih kencang dari CPU iPhone 15 dan jauh lebih hemat dari pendahulunya," ujar Sribalan Santhanam (VP Silicon Engineering Group Apple).

Kini Apple mengubah bentuk desain kamera iPhone 16 dan iPhone 16 Plus menjadi vertikal dengan kamera utama berukuran 48 MP dan kamera ultra-wide 12 MP yang sudah mengadopsi teknologi Sensor-shift OIS. Kamera depan kedua HP itu mengusung lensa 12 MP dengan teknologi Time-of-Flight (ToF) untuk selfie dan video call berkualitas tinggi.

Apple juga menyematkan fitur terbaru Camera Control ke dalam iPhone 16 dan 16 Plus yang memudahkan pengguna mengontrol kamera tersebut. Tombol itu berfungsi untuk zoom dan mengatur kamera saat digunakan. Kamera 48 MP mampu menghasilkan foto sangat detail, sementara kamera ultra-wide 12 MP mendukung foto makro dan pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

iPhone 16 dan 16 Plus mengusung teknologi Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, dan USB Type-C, serta pengisian daya cepat dan pengisian nirkabel MagSafe. Seperti varian sebelumnya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tidak memiliki jack headphone 3,5 mm. Harga iPhone 16 dimulai dari USD 799 (sekitar Rp 12,3 juta) untuk versi 128GB, sedangkan iPhone 16 Plus dibanderol mulai USD 899 untuk varian 128GB.

Baca Juga: Prediksi Harga dan Waktu Peluncuran iPhone 16 Series di Indonesia