Find Us On Social Media :

Apple Ungkap AirPods Pro 2 Bisa Dipakai sebagai Alat Bantu Dengar

By Rafki Fachrizal, Selasa, 10 September 2024 | 12:15 WIB

Ilustrasi AirPods Pro 2.

Raksasa teknologi Apple mengatakan bahwa produk earbud nirkabel terbarunya, AirPods Pro 2, bisa digunakan sebagai alat bantu dengar “kelas klinis”.

Namun, fitur ini belum mendapatkan izin FDA (Food and Drug Administration), meskipun perusahaan mengatakan bahwa persetujuan bisa didapatkan sesegera mungkin.

Produk AirPods terbaru Apple itu sendiri baru diumumkan di acara Apple bertajuk “It's Glowtime”, bersamaan dengan peluncuran iPhone 16.

Fitur alat bantu dengar itu, ketika diaktifkan, meningkatkan suara tertentu secara real-time, seperti bagian dari ucapan orang atau elemen lingkungan.

Fitur ini juga menerapkan profil pendengaran yang dipersonalisasi untuk musik, film, dan panggilan telepon di seluruh perangkat.

Apple mengatakan bahwa hal ini akan memungkinkan pemakainya untuk mendengar lingkungan sekitar dengan lebih baik dan terlibat dalam sebuah percakapan.

Dalam pengumumannya, Apple mempratinjau tes pendengaran bersertifikat selama lima menit yang akan hadir di iOS 18 dan AirPods Pro 2 yang akan memungkinkan pengguna untuk memeriksa kesehatan pendengaran mereka.

Tes ini, yang mengharuskan pengguna mengetuk layar ponsel cerdas mereka setelah mereka mendengar serangkaian nada pada volume dan frekuensi yang berbeda, dibuat berdasarkan pembelajaran dari studi pendengaran Apple, dan dikembangkan dengan menggunakan “data dunia nyata berskala besar,” kata Apple seperti dikutip dari TechCrunch.

Setelah melakukan tes pendengaran, pengguna akan mendapatkan hasil dalam profil pendengaran yang dipersonalisasi.

Hasilnya akan disimpan di aplikasi Kesehatan Apple, di mana hasilnya secara opsional dapat dibagikan dengan penyedia layanan kesehatan.

Profil pendengaran dapat diterapkan bersamaan dengan fitur yang disebut Media Assist untuk meningkatkan bagian ucapan tertentu pada panggilan telepon atau instrumen dalam soundtrack.

Apple mengklaim bahwa pengguna dengan sedikit atau tanpa gangguan pendengaran masih dapat memperoleh manfaat dari penyesuaian pada frekuensi individu.

Fitur alat bantu dengar untuk AirPods Pro 2 dan tes pendengaran untuk iOS 18 tersebut akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini melalui pembaruan perangkat lunak di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Baca Juga: IPhone 16 Pro dan 16 Pro Max Resmi Meluncur, Ini Spek dan Harganya

Baca Juga: Apple Watch Series 10 Pakai Chip S10 Berbasis AI, Ini Kemampuannya